Content: / /

Wisman Singapura Memilih Semarang dari pada Surabaya

Pariwisata

13 April 2017
Wisman Singapura Memilih Semarang dari pada Surabaya

Jamhadi bersama Duta Besar Indonesia di Singapura, I Gusti Ngurah Swajaya

Kota Surabaya masih kalah dari Semarang, dalam hal penyediaan cruise tourism (wisata budaya). Wisatawan asal Singapura memilih mengunjungi Semarang dari pada Kota Surabaya. Hal ini diakui oleh Duta Besar Indonesia di Singapura, I Gusti Ngurah Swajaya dalam acara 50 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Singapura di Fakultas FISIP Unair, Selasa 11 April 2017.

Dalam pertemuan itu, hadir Dr. Falih Suaedi (Dekan FISIPUNAIR), Dr Ir Jamhadi, MBA (Ketua KADIN Surabaya/Dirut PT Tata Bumi Raya), Dr. Hj. Haryati Setyorini, SE, MM, MBA (Rektor IEU Surabaya), Deddy (Tim Ahli KADIN Jawa Timur), Zainuddin Qodir (Tim Media KADIN Surabaya), dosen serta perwakilan mahasiswa.

“Yang bisa ditawarkan adalah cruise tourism. Data terakhir pada tahun 2016, cruise tourism ke Surabaya dari Singapura menurun, karena di Surabaya wisata itu tidak tersedia. Yang banyak di Semarang, karena disitu ada Candi Prambanan, sampai bisa ke candi Borobudur,” jelasnya.

Pada tahun 2015, jumlah wisman (wisatawan mancanegara) Singapura ke Indonesia 1,571,982. Pada tahun 2016, jumlah wisman Singapura ke Indonesia sebanyak 1,063,444 orang.

“Terdapat penurunan sebesar 5,06% dibandingkan periode yang sama tahun 2015. Terdapat potensi pengembangan wilayah wisata bahari baru dan wisata maritime melalui kerjasama cruise tourism,” katanya. 

Ke depan, dia akan mempromosikan wisata dari Surabaya dan Jawa Timur agar banyak turis Singapura datang ke Surabaya. Menurut Ngurah Swajaya, peluang bisnis wisata dari Singapura sangat besar. Asal, destinasi wisata yang disediakan sangat representatif dengan dukungan infrastruktur yang memadai.

Wisata, kata Swajaya, menjadi suatu kebutuhan oleh Singapura. Jika ekonomi membaik, wisatawan asal Singapura akan berwisata ke Eropa. Sebaliknya, jika ekonomi sedang terganggu, wisatawan asal Singapura akan berkunjung ke destinasi wisata terdekat.

“Itulah yang harus ditangkap oleh pengusaha travel asal Jawa Timur. Karena, di Singapura, wisatawan terbanyak berasal dari Indonesia, kedua dari China. Sekarang kita harus bisa menarik wisatawan Singapura ke Jawa Timur,” ungkapnya.

Ketua KADIN Surabaya yang juga Dirut PT Tata Bumi Raya, Jamhadi menjelaskan, untuk wisata, meski Singapura berpenduduk 5 juta jiwa, namun urusan wisatawan bisa mendatangkan ke Jawa Timur lebih banyak.

“Selain berbisnis, orang Singapura bisa berwisata ke Jawa Timur,” jelasnya. (ptms40@gmail.com)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com