Content: / /

Wisata Surabaya Jadi Incaran Kapal Pesiar Genting Cruises Lines

Pariwisata

24 Agustus 2017
Wisata Surabaya Jadi Incaran Kapal Pesiar Genting Cruises Lines

Dari kiri : Meliana Zulkipli - Mohamed Firhan - Michael Goh - Hari Susanto

Singapore Tourism Board (STB) belum lama lagi akan membuka kantor perwakilan di Surabaya. Kondisi ini penting, mengingat jumlah wisatawan Surabaya ke Singapura menempati posisi kedua di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Area Director Singapore Tourism Board Surabaya, Mohamed Firhan.

Dia menjelaskan, jumlah wisatawan dari Surabaya yang berkunjung ke Singapura selama tahun 2016 mencapai 2,8 juta orang. Jumlah itu tumbuh 7% dibandingkan dengan tahun 2015. “Potensi itu yang kami kembangkan. Jadi, kantor di Surabaya akan mengcover wisatawan dari Surabaya, Malang, Makassar, juga dari Kalimantan,” ungkap Mohamed.

Rencananya, kantor perwakilan Singapore Tourism Board di Surabaya mulai dibuka pada 2 Oktober 2017. Lokasi yang dipilih ialah Gedung Sinar Mas Land di Jl Pemuda, Surabaya. “Kami disana akan buka selama setahun, setelah itu akan melakukan pengembangan,” ujar Mohamed.

Selain memfasilitasi wisatawan Surabaya ke Singapura, Mohamed Firhan juga mengungkapkan bahwa pembukaan kantor di Surabaya untuk memfasilitasi rencana Kapal Pesiar Genting Cruises Lines yang memilih Surabaya sebagai tempat destinasinya.

Dalam setahun, Genting Cruises Lines akan berlabuh di Surabaya sebanyak 24 kali, atau 2 kali selama sebulan. “Biasanya minggu genap,” katanya.

Michael Goh selaku Senior Vice President – International Sales, Genting Cruises Lines menjelaskan, Surabaya dipilih sebagai destinasi Genting Cruises Lines karena kuliner dan atraksinya.

“Kami akan menyajikan betapa indahnya wisata Surabaya ke dunia internasional. Kami akan mengundang turis internasional ke Surabaya, dengan kapasitas kapal pesiar kami sebanyak 4000-4500 orang,” katanya.

Tentunya, masuknya Genting Cruises Lines akan meningkatkan ekonomi Surabaya dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dari penilaian Michael Goh, Indonesia menjadi bagian penting bagi Genting Cruises Lines karena memiliki destinasi yang indah. Cuma, kesiapan pelabuhan belum optimal.

“Ini awal bagi kami, untuk membuka mata Pemerintah dengan mengembangkan pelabuhan. Itu demi pertumbuhan wisata Indonesia,” katanya.

“Untuk masuk ke Surabaya, kami perhatikan bagaimana keamanannya dan pelabuhannya. Dan Surabaya masuk sebagai pelabuhan terbaik di Asia Tenggara,” lanjutnya.

Dari Singapura, Genting Cruises Lines rencananya akan membawa wisatawan asing, begitu pun sebaliknya. Selama 6 hari 5 malam, dari Surabaya akan membawa wisatawan yang dari Surabaya.

Untuk bisa menikmati layanan Genting Cruises Lines ini, harga tiket untuk 1 orang sebesar Rp 10 juta rupiah. “Itu harga normal. Kalau trabel fair bisa lebih murah lagi,” ungkap Sales Manager Indonesia, Genting Cruises Lines, Meliana Zulkipli.

“Sedangkan 3 hari 2 malam, harga tiket mulai Rp 5 juta per orang dengan minimal 2 orang dalam 1 kabin,” lanjut Meliana.

Sales Executive of Genting Cruise Lines Indonesia, Hari Susanto mengatakan, sebelum memilih Indonesia sebagai destinasi wisata, pihaknya selama 24 tahun melakukan mapping destinasi yang ditawarkan.

“Kami lihat ada Bali dan Surabaya. Lalu kami ajak wisatawan internasional untuk melihat Bali dan Surabaya dengan kapal pesiar kami,” ungkapnya.

Dari kapasitas 4000-4500 wisatawan, pihaknya menargetkan sekitar 900 penumpang atau wisatawan berasal dari Indonesia, sisanya wisatawan Internasional.

“Kami menawarkan beberapa layanan, bukan hanya makanan tapi juga hiburan. Seperti bar, botox, facial atau perawatan wajah, Zouk club, bowling, wahanan mainan anak, cinema, pesta kembang api, dan lainnya. Kami terbuka bagi agen untuk menawarkan meeting untuk wisatawan, party. Semua terbuka untuk konsep yang kami tawarkan,” paparnya. (Jun)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com