Content: / /

Volume Pameran Perlu Ditambah

Fashion

11 Mei 2017
Volume Pameran Perlu Ditambah

Ketua Kadin Surabaya, Dr Ir Jamhadi MBA mengatakan volume pameran perlu ditambah. Bila perlu tiap bulan ada pameran di semua daerah di  Jatim, khususnya Surabaya. Karena pameran merupakan sarana promosi yang efektif, dan menemukan langsung produsen dengan konsumen.

Selain itu, promosi lewat kerja sama dengan marketplace pun menjadi opsi yang dipilih. Untuk bisa go international ya tentu promosi baik di dalam maupun luar negeri, termasuk melalui dunia maya. Dunia maya merupakan suatu keniscayaan. Apalagi, pemilik handphone di Indonesia saja sekarang sudah hampir 300 juta orang.

Lewat promosi online, maka buyer dari luar negeri pun akan lebih mudah menemukan barang yang dicari di Indonesia dan bisa mendapatkan lebih banyak pilihan. Adapun produk yang mendapat banyak perhatian dari buyer asing adalah furniture, makanan dan minuman (mamin), tekstil, serta kerajinan tangan.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mendorong keikutsertaan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam berbagai pameran sebagai upaya membuka akses pasar.
Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) I Wayan Dipta mengatakan, produk yang dihasilkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Tanah Air memiliki kualitas yang tidak kalah dari produk luar negeri. Tetapi, dari sisi promosi tidak mendukung karena biaya yang mesti dikeluarkan sangat besar.“Dengan promosi kita bisa dorong demand,” ujar dia,dalam rilis, Rabu (10/5).

Pameran, termasuk yang dilakukan di luar negeri, menjadi salah satu ajang promosi yang dilakukan pemerintah untuk mengangkat produk UMKM dalam negeri. Tahun ini, rencananya ada lima pameran yang bakal diikuti, yakni di Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Inggris, dan Arab Saudi.

Dari lima pameran yang diikuti tahun ini, dua di antaranya sudah berlangsung dan diklaim menghasilkan transaksi yang cukup besar. Dari Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) dan Manila Fame, UMKM Indonesia bisa memperoleh nilai transaksi perdagangan masing-masing sebesar Rp 33 miliar dan Rp 2,4 miliar. (zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com