Content: / /

Telkom Regional V Jatim Bali Nusra Gelar Bazar Ramadhan

Teknologi

30 Mei 2017
Telkom Regional V Jatim Bali Nusra Gelar Bazar Ramadhan

Para UKM peserta pameran di Bazar Ramadhan Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusra

Tiap bulan Ramadhan tiba, PT Telkom Regional 5 yang meliputi Jatim Bali Nusra menggelar bazaar, untuk memfasilitasi UKM binaannya memasarkan produknya. Bazaar tersebut digelar di halaman Masjid Takhobbar Telkom Ketintang Surabaya, mulai 29 Mei hingga 20 Juni 2017.

Menurut Manager Unit CDC (Community Development Center) Telkom Jatim Bali Nusra, Dadi Ahdiyan Ardiwinata, bazaar tersebut digelar sebagai salah satu rangkaian dari program-program CDC PT Telkom, dimana para UKM memanfaatkan momen bulan suci Ramadhan untuk menambah omzet penjualannya serta memperluas pangsa pasarnya.

“Kegiatan Bazar ini dilakukan secara rutin sebagai salah satu bentuk pembinaan, pameran, langsung kepada Mitra Binaan Telkom Regional V. UKM yang ikut serta sebanyak 60 UKM, dan tiap 3 hari sekali bergantian. Tiap UKM akan dikoordinasi ketua komunitas UKM,” kata Dadi, Selasa 30 Mei 2017.

Selama 3 hari pertama ini, beberapa UKM yang jadi peserta pameran diantaranya UKM dari Kampung Digital binaan Telkom, dan ada beberapa UKM lain. Misalnya dari kelompok UKM Elok Mekar Sari, UKM Karang Pilang Bersatu dengan produknya handycraft dan olahan makanan, UKM kue rungkut, gaul mina rahayu, dan UKM dari sentral olahan herbal genteng candi rejo.

Selain itu, peserta lain berasal dari UKM binaan Pemkot Surabaya dan Dinas Perdagangan Surabaya, Dinas Koperasi Surabaya, serta Dinas Pertanian Surabaya.

Dadi menjelaskan, rata-rata UKM ini mendapat pinjaman bergulir dari Telkom. Besarannya mulai Rp 10 juta hingga Rp 75 juta, dan bisa dikembalikan selama 2 tahun dengan jasa administrasi sebesar 6%.

“Jasa administrasi itu kami gunakan untuk pembinaan. Misal pameran, workshop, pelatihan, dan lain sebagainya,” kata Dadi.

Di wilayah Telkom Regional V Jatim Bali Nusra, setiap tahun rata-rata sekitar 2.000 UKM baru yang bergabung dengan CDC, yang tersebar di 4 Propinsi, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.

Sedangkan dana yang disalurkan kurang lebih sekitar Rp 60 miliar setiap tahunnya. Di triwulan pertama tahun 2017 ini, telah disalurkan sekitar Rp 17 miliar dengan jumlah mitra binaan baru sekitar 500 UKM.

Secara komulatif Mitra Binaan yang masih aktif menjadi bagian dari CDC PT Telkom Regional V Jatim Bali Nusra sekitar 6.000 mitra binaan, sedangkan kalau dihitung sejak awal tahun dibentuknya CDC pada tahun 2001 sampai dengan saat ini sekitar 22.000 Mitra Binaan, dengan total penyaluran kurang lebih sebesar Rp 600 miliar. (jun)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com