Content: / /

Telkom Menyerahkan Bantuan Buku untuk 3 SD di Sumenep

Teknologi

28 Februari 2017
Telkom Menyerahkan Bantuan Buku untuk 3 SD di Sumenep

Perwakilan Sekar Telkom menyerahkan bantuan buku pendidikan secara simbolis kepada kepala UPT Pendidikan di Sumenep

Reputasi Telkom di mata masyarakat dan dunia selain unggul dalam teknologi juga terkenal dalam mewujudkan Telkom Care melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

CSR Telkom telah diwujudkan oleh Sekar Telkom bersama Community Development Center (CDC) Telkom dalam memberikan bantuan buku kepada 3 Sekolah Dasar (SD) di kepulauan terpencil, yaitu Gili Genting dan Gili Iyang di Sumenep, Madura.

Bantuan program kerjasama buku tersebut bernama Bakti Bagi Negeri (BBN). Program ini berjalan bersamaan dengan HUT Sekar Telkom ke 17. Dengan BBN, DPW 5 SEKAR Jawa Timur mengiplemtasikannya dalam program Bakti Bagi Negeri, mencerdaskan anak-anak di pelosok negeri dimana ‘Tidak Ada Kata Berhenti’ untuk Gerakan BBN bagi generasi Indonesia.

Tiga Sekolah di kepulauan terluar Kabupaten Sumenep yang mendapat bantuan adalah 2 SDN, diantaranya ada di Gili Genting dan 1 Sekolah di Gili Iyang. Untuk SDN di Gili Genting yaitu SDN Aenganyar I dan SDN Gedugan I. Sedangkan di Gili Iyang adalah SDN Bancamara III dengan Kepala Sekolahnya, Achmad Bati.

Di SDN Aenganyar, penyerahan bantuan 500 buah buku paket lengkap dengan perangkat komputer, proyektor, dan peralatan olahraga telah diserahkan langsung oleh General Manager (GM) Witel Gresik-Madura, Wasito Adi didampingi Ketua DPD Sekar Gresik Supriyadi, Kakandatel Sumenep Djodi Supriatno, dan perwakilan DPW 5 Sekar Jatim Budi Utomo kepada Kepala Sekolah SDN Aenganyar I, Abdul Kadir. Hadir juga Kepala UPT Pendidikan Gili Genting, Yanto Winarjo.

Menurut Wasito Adi, program BBN merupakan bentuk kepedulian Telkom kepada dunia pendidikan. Telkom Indonesia ikut berperan membantu pemerintah dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.

“BBN ini terlaksana atas sinergi Telkom dan Serikat Karyawan. Program ini adalah salah satu dari rangkaian HUT Sekar Telkom yang ke 17. Khusus di Regional V Jatim Balnus merupakan program BBN etape Madura,” katanya.

Program BBN merupakan wujud dari program Employee Volunteer Program dari Telkom CDC. BBN merupakan komitmen Telkom Indonesia untuk mengabdi kepada masyarakat dan pendidikan.

“Jadi kami berharap masyarakat dan lembaga pendidikan bisa menerima dan memanfaatkan kegiatan ini secara maksimal untuk belajar dan menjadi cerdas bersama Telkom,” kata Wasito.

Beberapa bantuan telah diserahkan kepada SDN Gedugan I. Selain 450 buku juga berupa peralatan olah raga. Sedangkan untuk SDN Bancamara III bantuan yang diberikan berupa 250 buku dan peralatan olah raga.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (KAUT) Pendidikan Gili Genting, Yanto Winarjo berharap agar bantuan yang disampaikan Telkom dapat digunakan sebaik-baiknya untuk membuka wawasan anak-anak di pulau Gili Genting, banyaknya Ilmu yang didapat dari Buku.

Senada dengan Yanto, Abdul Kadir, Kepala Sekolah SDN Aenganyar I menyampaikan terima kasih kepada Telkom. Ia berharap bantuan berupa buku ini dapat meningkatkan minat baca anak-anak di SDN Aenganyar I.

“Kita tahu bahwa buku merupakan jendela dunia. Semakin kita banyak membaca, banyak pula pengetahuan yang kita dapat,” tegasnya.

Di pihak DPW 5 Sekar Telkom Jatim, Budi Utomo mengatakan, “Sekar Telkom merupakan bagian dari anak bangsa. Kita ingin buku yang disumbangkan ini dapat menginspirasi anak-anak yang tangguh secara mental dan intelektual yang menjadi pemimpin-pemimpin penting di negeri ini”.

Tujuan Sekar Telkom di kegiatan BBN ini, kata Utomo, karena dilandasi rasa kecintaan dan kebanggaan yang mendalam kepada tanah air tumpah darah Indonesia, diiringi tekad untuk terus berkarya yang terbaik bagi perusahaan kami, Telkom Indonesia.

“Selain itu organisasi Sekar Telkom mendedikasikan sebagian hati, pikiran dan langkah kami untuk membantu mencerdaskan anak-anak di pelosok negeri melalui Gerakan Bakti Bagi Negeri untuk Anak-anak Indonesia,” tandasnya.

Beberapa waktu lalu, Telkom telah melakukan kerja sama dengan beberapa desa di Kabupaten Sumenep untuk menyediakan akses Internet untuk area terpencil melalui jaringan Satelit, Mangoesky, yang membuat pertukaran informasi warga pedesaan menjadi lebih baik. Baik menggunakan Data, Voice, maupun TV.

Komunikasi dilakukan melalui teknologi satelit Telkom agar warga kepulauan dapat merasakan layanan jaringan lebih baik, lancar serta melek internet. Penandatanganan kerja sama dari target 53 titik Mangoesky telah dilakukan oleh Bupati Sumenep Busyro Karim dengan Wasito Adi. Saat ini sekitar 15 desa di Kecamatan Dungkek sudah diinstal. (*)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com