Content: / /

Seluruh Jaringan di Surabaya Tercover Fiber Optik pada Tahun 2020

Teknologi

10 Mei 2017
Seluruh Jaringan di Surabaya Tercover Fiber Optik pada Tahun 2020

M Nasrun Ihsan (kiri)

Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Witel Surabaya berharap pada tahun 2020, semua jaringan di wilayah Surabaya bisa tercover dengan fiber optik. Hal ini ditegaskan Muhammad Nasrun Ihsan kepada Surabayapost.net, pada Selasa 9 Mei 2017.

Untuk saat ini, total yang sudah tercover mencapai 60-70 persen. Wilayah paling banyak yang tercover jaringan fiber berada di kawasan industri Rungkut, Kebalen, dan Kecamatan Gubeng. Wilayah Rungkut menjadi prioritas utama karena disana merupakan kawasan industri, dan juga salah satu main Telkom.

Wilayah lain yang menjadi target utama pemasangan jaringan fiber ialah sentra pendidikan, perumahan, dan lokasi premium lainnya. Baru-baru ini, Telkom Witel Surabaya juga sudah membangun jaringan fiber optik di Kenjeran, Jagir Wonokromo, Lakarsantri, dan Kandangan.

“Di wilayah itu sempat kita mematikan (shutdown) Sentral Telepon Otomat (STO) untuk modernisasi jaringan ke fiber optic,” ujarnya.

Sampai sekarang ini, pelanggan IndiHome Telkom mencapai 100 ribu. Target sampai akhir tahun bisa menambah pelanggan sebanyal 120 ribu. Selain pelanggan baru, Telkom Witel Surabaya menargetkan bisa memiliki pelanggan existing yang belum menggunakan IndiHome.

Total dari pelanggan existing ini diperkirakan sebanyak 350 ribu pelanggan. Menurut Nasrun, kendala yang dialami untuk migrasi seperti jaringan fiber optic belum sampai ke wilayah tersebut. Dan lagi, ada juga dari sisi palanggan.

“Ada pelanggan yang tidak ada di rumah dan ada yang tidak mau. Padahal, IndiHome tidak harus triplay, bisa telpon saja atau hanya internet,” kata Nasrun.

Dia juga menargetkan, migrasi seluruh pelanggan existing bisa selesai pada tahun 2020. Nasrun juga menyampaikan bahwa saat ini IndiHome juga dilengkapi dengan video call, dan kebetulan Surabaya menjadi pilot project.

“Kita mulai persiapan. Kalau dari sisi akses menggunakan fiber optik, dari sisi server sudah siap,” terang Nasrun. (ptms40@gmail.com)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com