Content: / /

Selangkah Lagi, KADIN Surabaya Realisasikan UKM Mart

Info Kadin

20 April 2017
Selangkah Lagi, KADIN Surabaya Realisasikan UKM Mart

Pertemuan pengurus KADIN Surabaya dan Wira Mudatama Mulya yang akan mendirikan Warung Pro Rakyat di Surabaya dan sekitarnya

Program Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Surabaya untuk mendirikan usaha ritel dengan nama UKM Mart yang pro terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), selangkah lagi akan terwujud. Dalam artian, persiapan yang dilakukan sudah menemukan titik temu, antara pelaku UKM dan investor.

Keseriusan KADIN Surabaya untuk membangun UKM Mart ini telah dibahas secara matang, dalam kerjasama yang akan digagas antara KADIN Surabaya beberapa pihak, salah satunya ialah Wira Mudatama Mulya, yang mengusung konsep ”Warung Pro Rakyat”.

Dalam pertemuan yang berlangsung di kantor PT Tata Bumi Raya, antara Dr Ir Jamhadi, MBA (Ketua KADIN Surabaya) bersama dengan Drs H Zainur Ridho AJ (Direktur Wira Mudatama Mulya), didampingi oleh pengurus KADIN Surabaya seperti Timbul Daud Mauritz dan Totok, dibahas beberapa hal mengenai pendirian ”Warung Pro Rakyat”.

”Warung Pro Rakyat” dengan motonya 3 M yakni ’Mutu, Murah, Merakyat’ sudah banyak tersebar di wilayah Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Jumlahnya mencapai 270 unit. Kini, Surabaya dan sekitarnya menjadi incaran melalui penjajakan kerjasama dengan KADIN Surabaya.

Bedanya Warung Pro Rakyat dengan ritel modern lainnya, dalam ritel Warung Pro Rakyat ini pelaku UMKM bisa menitipkan produk secara langsung tanpa proses administrasi yang terlampau ribet.

Menurut Drs H Zainur Ridho AJ, bisnis tersebut sangat menjanjikan. Warung Rakyat ini akan dibuat betul-betul merakyat, harga terjangkau dan produknya berkualitas serta seluruh masyarakat bisa menitipkan barang dagangannya.

Dalam kesempatan itu, Jamhadi yang juga Dirut PT Tata Bumi Raya merespon baik terkait rencana pendirikan Warung Pro Rakyat, yang akan menggandeng KADIN Surabaya. Namun, yang perlu digaris bawahi oleh Jamhadi ialah legalitas.

Menurut pria yang juga Tim Ahli KADIN Jawa Timur ini, sebelum Warung Pro Rakyat itu didirikan, terlebih dahulu persoalan legalitas harus diselesaikan, supaya di kemudian hari tidak ada sengketa antar pengelolan maupun investor.

Di samping itu, Jamhadi juga mengingatkan bahwa ide pendirikan Warung Pro Rakyat itu sudah selaras dengan idenya yang akan direalisasikan. Dengan hadirnya rencananya Warung Pro Rakyat, maka ide tersebut sudah mendekati realisasi.

Hal lain yang ditekankan ialah terkait dengan produksi. Jamhadi menjelaskan, terkadang pelaku UKM kesulitan untuk bisa memasok produk secara kontinyu dengan kualitas yang sama. Makanya, dia menyarankan agar proses produksi juga perlu diperhatikan selain dari distribusi. (ptms40@gmail.com)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com