Content: / /

Rektor Untag Melantik Pengurus IKBA Periode 2017-2021

Pendidikan

21 November 2017
Rektor Untag Melantik Pengurus IKBA Periode 2017-2021

Dr H Mulyanto Nugroho, MM, CMA, CPAI menyerahkan SK kepada Dr Ir Jamhado, MBA

Ruang meeting Gedung Graha Wiyata, lantai 1, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, menjadi saksi dikukuhkannya Dewan Pengurus Ikatan Keluarga Besar Alumni Universitas 17 Agustus 1945 (IKBA-Untag 45) Surabaya, pada Selasa, 21 November 2017.

Dilantik sebagai Ketua Umum IKBA Untag 45 Surabaya masa bhakti 2017-2021 ialah Dr Ir Jamhadi, MBA, melalui Keputusan Rektor Untag 1945 Surabaya nomor 444/SK/XI/2017 tentang Pengurus Ikatan Keluarga Besar Alumni Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (IKBA Untag Surabaya).

Jamhadi beserta sejumlah pengurus IKBA Untag 45 Surabaya dilantik oleh Rektor Untag 45 Surabaya, Dr H Mulyanto Nugroho, MM, CMA, CPAI, disaksikan oleh Ketua Perguruan Yayasan 17 Agustus 1945 Surabaya, yaitu Drs Ec Mangapul Silalahi, MM, dan beberapa tamu undangan lainnya. Dalam kesempatan itu, hadir pula Rektor Untag periode sebelumnya, yaitu Prof Dr drg Hj Ida Aju Brahmasari, Dipl, DHE, MPA, Wakil Rektor I Dr ir Muaffaq Ahmad Jani, M Eng dan Wakil Rektor II Dr Abdul Halik, MM, Dekan dan Wakil Dekan.

Prosesi pelantikan cukup khidmat, mulai dari menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’, dilanjutkan menyanyikan hymne Untag 45 Surabaya, dan proses pelantikan. Setelah pelantikan dilanjut dengan penyerahan SK pengurus dari Mulyanto Nugroho yang juga jadi Ketua Dewan Kehormatan kepada Jamhadi, kemudian dari Jamhadi diserahkan ke Drs Siswanto selaku Sekjen IKBA Untag 45 Surabaya.

Penetapan pengurus IKBA Untag 45 Surabaya melalui proses panjang. Ada seleksi oleh tim formatur yang melibatkan 18 orang. Beberapa nama dari tim 18 itu antara lain Dr B F Sutadi, SH, MSi, M Luqman Hakim, S, Sos, Abdullah SH, Rr Renita Aprilian Darjati, SS, Dr Sumiati, MM, dan beberapa nama lainnya. Setelah proses seleksi dari beberapa nama, akhirnya Dr Ir Jamhadi, MBA, terpilih jadi Ketua Umum,.

Ketua Panitia Pelantikan yang juga menjabat Wakil Rektor I Untag 45 Surabaya, Dr Ir Muaffaq Ahmad Jani, M Eng, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jamhadi dipercaya mengemban amanah sebagai Ketum IKBA Untag 45 Surabaya setelah dipilih oleh Tim Formatur sesuai dengan SK dari Rektor Untag 45 Surabaya 2013-2017. Kemudian, SK itu ditindaklanjuti SK Rektor Untag 45 Surabaya periode 2017-2021. Lalu terbentuklah kepengurusan dari perwakilan alumni masing-masing fakultas, dan beberapa bidang.

Usai dilantik, dia berharap IKBA Untag 45 Surabaya ikut berperan membantuk dan meningkatkan kemajuan Untag 45 Surabaya bersama civitas akademi Untag 45 Surabaya. “Alumni Untag 45 Surabaya merupakan pilar yang tidak dipisahkan dari civitas akademi Untag 45 Surabaya, dan wadah alumni serta komunikasi dalam berhimpun dan mengembangkan almamater menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi seluruh elemen Untag 45 Surabaya,” kata Dr Ir Muaffaq Ahmad Jani, M Eng.

Tahun depan, Untag 45 Surabaya akan membuka kelas internasional untuk meningkatkan mutu demi terwujudkan world class university pada tahun 2035. Dia berharap, IKBA Untag 45 Surabaya ikut menyukseskan program tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Untag 45 Surabaya, Dr H Mulyanto Nugroho, MM, CMA, CPAI menyampaikan bahwa dengan dilantiknya IKBA Untag 345 Surabaya, bisa menambah kekuatan bagi Untag 45 Surabaya.

“Selama 2 periode, tonggak Untag 45 Surabaya sudah dipancangkan oleh Prof Dr drg Hj Ida Aju Brahmasari, Dipl, DHE, MPA, sehingga Untag 45 Surabaya berada diranking 64 perguruan tinggi se-Indonesia. Selama periode kepengurusan saya, Insha Allooh, target tahun 2020 sepakat harus menjadi 50 besar perguruan tinggi se-Indonesia,” tegas H Mulyanto.

Untuk mencapai itu, diakui Mulyanto, memang tidak mudah. Karena perguruan tinggi lain juga ‘berlari’ untuk mencapai targetnya serupa. Karena itulah, butuh kerjasama antar pihak termasuk dengan IKBA Untag 45 Surabaya, termasuk memperbaiki pelayanan administrasi, LPM, dan upaya lain.

Apalagi, tahun 2018 nanti, pihaknya akan membuka kelas Internasional. Rencananya, sebagai awal, kelas tersebut akan diterapkan di Fakultas Manajemen, dan diikuti oleh Fakultas Industri, FISIP, dan Fakultas lainnya. Teknisnya, nanti dari 400-an mahasiswa di satu Fakultas, akan diseleksi menjadi 35 mahasiswa yang bisa mengikuti kelas internasional.

IKBA Untag 45 Surabaya diharapkan mampu memback-up program tersebut. “Tanpa dukungan IKBA, kami sulit bisa mencapai target masuk 50 perguruan tinggi di seluruh Indonesia,” katanya.

Drs Ec Mangapul Silalahi selaku Ketua Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 Surabaya dalam sambutannya mengaku bahagia atas dilantiknya pengurus IKBA Untag 45 Surabaya, di bawah kepemimpinan Dr Ir Jamhadi, MBA.

 

Dia tidak ingin kepenguruan IKBA Untag 45 Surabaya ini mengalami hal yang sama seperti ikatan alumni periode 2009. Karena waktu itu, Ketua Umum Ikatan Alumni Untag 1945 Surabaya membawa organisasi yang dipimpinnya tersebut masuk ke ranah politik.

“Makanya, dalam kepengurusan ini, saya mohon agar tidak menggunakan IKBA jadi ajang politisasi, karena itu sngat berbahaya. Kehadiran IKBA ini bagaimana mengingat dan mengikat persaudaraan agar ke depan harmonis. Usaha kita ke depan, bagaimana menjaring antar keluarga, memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas, sehingga mendapat kepercayaan dari masyarakat,” ujarnya.

Usai dilantik, Dr Ir Jamhadi, MBA, dalam sambutannya mengucapkan syukur kapada Alloh SWT, melalui proses panjang, akhirnya pengurus IKBA Untag 45 Surabaya berhasil dibentuk dan dilantik sesuai dengan surat Rektor nomor 444/SK/XI/2017.

Direktur Utama PT Tata Bumi Raya ini tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Rektor serta civitas akedemi Untah 45 Surabaya dan tim formatur, karena berkat kerasnya kepengurusan IKBA Untag 45 Surabaya periode 2017-2021 berhasil dibentuk.

“Muudah-mudahan apa yang diamanatkan kepada kita semua para pengurus IKBA Untag 45 Surabaya bisa dilaksanakan sebaik-baiknya. Tentu bimbingan tetap kami harapkan, baik dari Dewan Kehormatan, Rektor, dan Yayasan serta seluruh masukan dari alumni kami harapkan,” kata Jamhadi.

Jamhadi yang tercatat kadi Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Surabaya ini menyebutkan, bahwa sejak 1958 hingga sekarang, total alumni Untag 45 Surabaya berjumlah lebih dari 55.000 alumni.

Yang sangat dibanggakan, kata Jamhadi, beberapa alumni Untag 45 Surabaya, duduk diposisi penting, baik itu sebagai pengusaha, di yudikatif, legislatif, maupun pemerintahan. Dan banyak pula jadi tokoh masyarakat yang perilaku dan tutur katanya jadi panutan. Untuk itulah, Jamhadi mengajak agar bahu-membahu untuk kemajuan Untag 45 Surabaya dan para alumni.

“Marilah menghormati dan menjunjung tinggi citra alumni dan Untag 45 Surabaya sebagai almamater kita semua. Kami mengajak komunitas intelektual dan sosial di Untag dan alumni dalam rangka meningkatkan daya saing dan inovasi demi kesejahteraan bangsa. Mari membangun kerjasama antara Untag Surabaya dan para alumninya, memberdayakan hasil riset untuk mendukung kesejahtaraan ilmuwan serta dunia usaha dan pemerintahan agar lebih baik. Juga membangun jejaring dengan berbagai komponen bangsa,” ajak Jamhadi.

Untuk program kerja ke depan, Jamhadi sudah merancangnya. Pertama, tentang direktori hasil riset untuk dipertemukan dengan dunia usaha. Direktori itu bisa dalam bentuk soft copy dan hard copy. Dengan program itu, baik itu periset maupun dunia usaha sama-sama diuntungkan, karena dunia usaha ‘haus’ akan hasil riset.

Kedua, IKBA Untag 45 Surabaya memberikan dukungan HaKi, agar riset-riset yang dihasilkan bisa dipatenkan. Selain itu, Jamhadi juga mengagendakan bisnis gathering termasuk job fair, yang skalanya akan lebih besar lagi. Selain itu, IKBA 45 Surabaya juga mendukung bisnis kreatif.

Program lain yang dicanangkan Jamhadi selaku Ketum IKBA Untag 45 Surabaya ialah pembentukan kompartemen IKBA di seluruh Indonesia. “Kami mohon dukungan, untuk membentuk kepengurusan kompartemen IKBA, baik dari Jawa maupun Luar Jawa,” tutup Jamhadi. (*)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com