Content: / /

REI Jatim Tolak SLF Untuk Rumah Tapak

Properti

24 Oktober 2017
REI Jatim Tolak SLF Untuk Rumah Tapak

Denny Wakhit, ketua REI Jatim.(zainuddin).

Real Estate Indonesia (REI) Jatim menolak pemberlakukan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) untuk rumah tapak. SLF hanya cocok diberlkukan untuk rumah susun (Rusun) atau rumah bertingkat. Seperti aapartemen, hotel, dan perkantoran. Karena terkait dengan kekuatan bangunan, dan kemampuan menahan beban.


Ketua REI Jatim, Ir Denny Wakhid MT ditemui di sekretariat REI Jatim Jumat (13/10/2017) mengatakan, pemberlakukan SLF kurang tepat. Kebijakan itu seperti mengada-ngada. Karena dengan kebijakan itu,  makin banyak aturan yang harus dipenuhi oleh pengembang.

 

“Kalau memang SLF diberlakukan, maka bank pemberi kredit yang seharusnya berurusan dengan instansi yang mengeluarkan SLF,” jelas Denny Wakhid.


Dengan adanya SLF itu, pencairan KPR menjadi lebih sulit. Kebijakan itu sepertinya sengaja menghambat  pengembang untuk membangun rumah. Padahal pemerintah mempunyai kebijakan membangun saru juta rumah tiap tahun.


Diejelaskan, SLF diatur dengan Peraturan Menteri  (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera), nomor 64/2016, yang meneluarkan adalah intansi yang ditunjuk. Misalnya Dinas Pekerjaan Umum. Setelah disurvai,  kemudian SLF dikeluarkan, dan dberikan ke pengembang.(zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com