Content: / /

Puluhan Lansia Belajar Internet dan Komputer di ITS

Teknologi

13 April 2017
Puluhan Lansia Belajar Internet dan Komputer di ITS

Meski Sudah tua, lansia ini tetap bersemanagat mengikuti pelatihan komputer yang diadakan ITS Syrabaya.

Ada keceriaan kecil menyelimuti lantai tiga perpustakaan pusat kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Rabu (12/4). Pasalnya, ruangan yang biasanya dipenuhi oleh mahasiswa tersebut mendadak ramai oleh puluhan orang lanjut usia (lansia) yang belajar mengoperasikan komputer dan internet.

Kegiatan yang melibatkan para lansia yang tergabung dalam komunitas Lansia Abiyoso ini merupakan bagian dari aktivitas Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian Masyarakat (PKMM) Lansia ABC (Agamis, Bahagia, Cerdas) oleh mahasiswa ITS.

Senyuman kebahagiaan tak pernah terlepas dari puluhan lansia yang berasal dari RW 6 Pacar Kembang saat diajarkan pengoperasian komputer oleh beberapa mahasiswa ITS. Walaupun sedikit kesulitan, mereka terlihat bersemangat mengikuti arahan para relawan untuk menggerakkan mouse, menggunakan papan ketik, serta mengakses internet dan YouTube.

Annisa Ratnasari, salah satu anggota tim PKMM Lansia ABC, menceritakan bahwa kegiatan ini dilakukan karena kebutuhan akan pengetahuan dasar tentang teknologi di masa serba canggih ini. Sebagai contoh, untuk sekedar mendaftarkan diri di puskesmas saat ini sudah menggunakan sistem online. Oleh karena itu lansia pun kini juga harus bisa menggunakan komputer agar tidak mengalami kesulitan ke depannya.

Selain itu, keberadaan ITS sebagai kampus teknologi juga dirasa Annisa bisa berperan lebih untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. Untuk itu mahasiswa tahun ketiga tersebut merasa perlu memaksimalkan fasilitas di ITS untuk dapat membantu masyarakat sekitar yang dalam kasus ini adalah lansia. “Kita sebagai mahasiswa dengan basic teknologi harusnya merasa bertanggung jawab juga untuk mencerdaskan masyarakat sekitar kita,” tutur Annisa.

Evita, pengurus komunitas Lansia Abiyoso Pacar Kembang pun mengamini perkataan Annisa. Menurut wanita 60 tahun tersebut, informasi yang dibagi mahasiswa ITS ini bisa sangat membantu kehidupan mereka ke depannya. “Sekarang kalau mau ke puskesmas daftarnya harus pakai komputer. Jadi kita benar-benar mendapatkan informasi yang sangat berguna di sini,” ujar Evita dengan tersenyum.

Kegiatan PKMM Lansia ABC pun tidak berhenti di sini saja. Ke depannya Annisa dan tiga rekan lainnya akan melakukan beberapa kegiatan lain dengan Lansia Abiyoso. “Alhamdulillah poin cerdas sudah kita lakukan hari ini. Nantinya akan ada kegiatan lain dengan tema agamis dan bahagia sesuai judul PKM kita,” ujar mahasiswa Departemen Fisika tersebut.

Kini Annisa berharap agar para lansia yang tergabung dalam Lansia Abiyoso dapat lebih berkembang dengan ilmu yang baru saja didapatkan. Selain untuk mempermudah kehidupan mereka, Annisa juga berharap ilmu tersebut dapat dibagikan kepada teman-teman maupun anak cucu para peserta. “Semoga acara ini bisa memberi manfaat yang besar pada mereka,” pungkas Annisa. (zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com