Content: / /

Pondok Harus Berdayakan Ekonomi Lewat ATM

Teknologi, Pendidikan

17 Juli 2017
Pondok Harus Berdayakan Ekonomi Lewat ATM

Wakil Gubernur Drs. H Saifullah Yusuf menghadiri Halal Bihalal di Pondok Pesantren Sayichona Cholil Bangkalan.foto:humasprovjatim).

Para Kiai dan ulama harus berusaha keras bagamana caranya supaya pondok pesantren lebih berdaya ekonomi, artinya mencukupi kebutuhannya dari segi ekonomi.

Para kyai dan Gus-Gus dalam membangkitkan ekonomi pondok pesantren, tidak perlu muluk-muluk, cukup dengan cara Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM), artinya, mengamati, kemudian meniru yang sudah berhasil dan modifikasi / menyesuaikan dengan keadaan dan lingkungan masing-masing.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf yang lebih akrab disapa Gus Ipul pada Halal Bihalal VII, di Ponpes Syaichona Cholil Demangan Barat, Bangkalan, Minggu (16/7) malam

Selain itu Gus Ipul juga mengingatkan, pentingnya ilmu/ kecerdasan bagi para santri agar sipaya mempunyai cara berpikir berdasarkan referensi yang sudah diberikan oleh para Kyai sebelumnya. Ilmu/ aqidah bagi para kyai sangat penting/ nomor satu. Setelah itu baru cinta tanah air.

Hal itu sesuai dengan tema halal Bihalal “Memperkokoh silaturahmi, meneguhkan aswaja, berwawasan kebangsaan”  Intinya, “Kyai sudah memikirkan bahwa para santrinya harus berilmu dan pintar, selanjutnya harus mampu merawat, menjaga dan mencintai tanah air, serta lebih berdaya secara ekonomi,”  tandasnya.(humasprov/zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com