Content: / /

Pointers arahan Mendikbud

Pendidikan

18 Juni 2017
Pointers arahan Mendikbud

Pointers arahan Mendikbud dlm acara sosialisasi peraturan/kebijakan Dikdasmen tadi malam di Hotel Ciputra, Jkt :*

*1. Sekolah Lima Hari*
a. Rujukannya adalah PP No 19 Th 2017 ttg  Perubahan atas PP No 74 Th 2008 ttg Guru, tgl 30 Mei 2017 dan Permendikbud No 23 Th 2017 ttg Hari Sekolah, tgl 12 Juni 2017.

b. Sekolah Lima Hari bukan Full Day School;
*c. Jangan dibayangkan guru dan murid berada di sekolah jam 7 hingga jam 3 atau 4 sore;*
d. Kecuali SMA/SMK, KBM paling siang sampai jam 1, setelah itu kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler atas pantauan guru, *spt kegiatan murid di Madin, mushalla, pure, gereja, atau kegiatan lain yang intinya penguatan karakter.*

*Disinilah sebenarnya kebijakan Mendikbud justru penguatan thd Madin, bukan melemahkan apalagi membubarkan. Kalau selama ini mungkin guru SD tdk tahu menahu thd muridnya belajar di Madin atau ditempat lain, maka skrng guru wajib tahu dan wajib memberikan penilaian. Disinilah letak sinergitas antara guru SD dg Madin. Ditingkat PAUD, SD inilah inti dari penanaman dan penguatan pendikar.*

*2. Kepala Sekolah tdk mengajar.*
KS sbg manajer, sbg leader, karena itu tdk diberi beban mengajar. Pengalaman di lapangan, meskipun KS terjadwal mengajar tetapi kenyataannya tdk mengajar. Jadwal mengajar hanya untuk memenuhi administrasi untuk mendptkan tunjangan profesi. KS adalah jabatan karir, KS terbaik seyogyanya dipromosikan sbg pengawas sekolah. Jadi pengawas sekolah berasal dari KS KS terbaik. Shg dengan demikian akan terwujud pengawas yg mumpuni, berkualitas, dan berwibawa.

*3. Komite Sekolah*
Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota, Dosen, Guru, atau profesi lain pasti tamat SD, tapi apa kontribusi, bantuan presiden, gubernur, bupati, walikota, dosen, guru, dan profesi lain thd SD tempat dia menamatkan pendidikannya. Inilah penguatan komite sekolah yg sebenarnya. Bukan hanya mengharap peran aktif orangtua peserta didik, tapi juga peran aktif dari alumninya. Sudahkah bpk ibu yg hadir ini pernah membantu, berkontribusi thd kualitas SD tempat bpk ibu menamatkan pendidikan SD?

*4. PPDB*
PPDB mulai th pelajaran 2017/2018 diharapkan mengurangi, bahkan kedepan bisa menghilangkan kesan sekolah favorit dan sekolah tdk favorit. Oleh karena itu daerah agar menerapkan sistem zona. Shg akan terjadi pemerataan kualitas pendidikan di semua sekolah. Jangan menggunakan tes dlm PPDB, gunakanlah nilai ujian akhir sekolah dg sistem zona. Karena dlm sistem tes itulah sarangnya ketidakjujuran. Kemendikbud secara bertahap akan menghilangkan praktek2 ketidakjujuran dlm dunia pendidikan. Dimulai dari UNBK,  PPDB, dan akan menyusul kegiatan2 lainnya.

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com