Content: / /

PLTGU Grati Pasuruan Siap Beroperasi 2019

Properti

24 Maret 2017
PLTGU Grati Pasuruan Siap Beroperasi 2019

PLTGU Grati Pasuruan Siap Beroperasi 2019
Infrastruktur perekonoman Jatim makin lengkap, dengan selesainya Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) berkapasitas produksi sebesar 2X160 Megawatt (MW) di Grati Pasuruan beroperasi di awal 2019.  

Selain PLTU Grati, April 2018 mendatang, direncanakan jalan tol Gempol-Pasuruan juga sudah selesai. Sehingga Pasuruan makin menarik untuk lokasi investasi.

“Kami bisa memastikan setelah direksi melakukan kunjungan ke lokasi bebera Pa waktu lalu,” kata  Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, Pinto Raharjo di kantornya Surabaya, Jumat (24/3). 

Menurut Pinto Raharjo, awalnya PLTGU ini diperkirakan selesai akhir 2019, setelah dilakukan peninjauan, ternyata bisa dipercepat yaitu awal 2019 sudah beroperasi. Percepatan pembangunan pembangkit ini sebagai langkah untuk mendukung percepatan program pemerintah 35 ribu MW.  

Dengan selesai dan beroperasinya proyek tersebut, maka di awal 2019 mendatang, suplai atau pasokan listrik di Jawa Timur akan mendapat tambahan daya sebesar 320 MW.  Besarnya pasokan listrik tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi investor yang akan masuk dan berinvestasi di wilayah Jatim.  

Karena menurutnya, ketersediaan pasokan listrik yang memadahi menjadi syarat utama ketika pengusaha atau investor ingin mendirikan sebuah perusahaan.

"Jangan takut untuk investasi di Jatim. Karena listriknya sangat mencukupi, bahkan saat beban puncak sekalipun, kami tidak kekurangan,” ungkapnya.  


Karena itulah, PLN saat ini berkonsentrasi mempercepat proyek PLTGU  Grati termasuk menyelesaikan persoalan pembebasan lahan baik yang menjadi milik warga atau milik TNI.


“Ada empat tower PLN yang belum bisa dibangun karena ada masalah pembebasan lahan, kami inginya pembebasan bukan sewa, saat ini masih dalam proses,” imbuhnya.

Selain meninjau PLTGU itu, PLN juga melakukan kontrak tanda tangan penambahan daya dengan PT Cheill Jedhang dari 62 MW menjadi 78 MW, dan  Poyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan.

“Kalau untuk kebutuhan daya operasional Umbulan hanya 6 MW tidak terlalu banyak,” tuturnya.

Ketua Kadin Surabaya dan penansehat ekonomi Kadin Jatim, Dr Ir Jamhadi MBA mengatakan, Pasuruan akan semakin menarik dengan selesainya jalan tol Gempol-Pasuruan. Ditambah dengan surplus listrik, maka investor akan banyak memilih lokasi di Pasuruan. (zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com