Content: / /

Perusahaan Pembangkit Listrik Asal New Zealand Masuk ke Jatim

Teknologi

04 Mei 2017
Perusahaan Pembangkit Listrik Asal New Zealand Masuk ke Jatim

Teknologi pembangkit listrik tenaga surya

Masyarakat Jawa Timur yang berada di pelosok atau kepulauan dan sulit terjangkau oleh aliran listrik kini tak perlu risau lagi. Power Technology, salah satu perusahaan pembangkit listrik tenaga surya (solar) punya solusinya.

Pada saat pemaparan di Kantor Konsulat New Zealand (Selandia Baru) di Jl Sriwijaya pada Kamis (4//2017), pihak Power Technology menyatakan bahwa teknologi yang digunakannya untuk pembangkit listrik sangat efisien dan mampu menyimpan daya cukup besar.

Pembangkit listrik ini sangat cocok digunakan di pedalaman atau kepulauan yang tidak bisa terjangkau aliran listrik milik PT PLN (Persero). Menurut Konsul Kehormatan New Zealand untuk Jawa Timur, Harry Sunogo, teknologi pembangkit listrik tenaga surya ini sudah digunakan di beberapa wilayah di Indonesia dan juga beberapa negara.

“Dan sekarang kami dari Konsul Kehormatan New Zealand memfasilitasi Power Technology ini untuk bisa masuk ke Jawa Timur dan memperkenalkan teknologinya. Dengan teknologi itu, kami yakin masalah listrik di daerah terpencil bisa teratasi,” ujarnya.

Cara memperkenalkan teknologi itu dengan mengundang sejumlah pengusaha dan akademisi di kantor Konsul Kehormatan New Zealand di Surabaya. Hadir dalam undangan itu antara lain pengusaha property yang juga anggota Real Estate Indonesia (REI) perwakilan Jawa Timur, Mustofa, lalu Jamhadi (Ketua Kamar Dagang dan Industri/KADIN Kota Surabaya), serta sejumlah pengusaha dari KADIN.

Dikatakan Harry Sunogo, pihaknya bekerjasama dengan KADIN untuk bisa memaparkan pembangkit listrik dari Power Technology tersebut. “Kami bekerjasama dengan KADIN untuk memfasilitasi pengenalan produk itu ke pengusaha di Jawa Timur,” ujar Harry Sunogo.

Pada kesempatan yang sama, Jamhadi mengakui bahwa pengenalan teknologi pembangkit listrik tenaga surya itu merupakan bagian dari kerjasama antara KADIN Surabaya dengan Konsulat New Zealand di Surabaya.

“Kita sudah lama menjalin komunikasi untuk membahas energy terbarukan. Yang ditawarkan oleh Power Technology ialah solar panel, solar energy, dan solar technology yang didistribusikan melalui frekuensi,” kata Jamhadi yang juga Dirut PT Tata Bumi Raya.

Jamhadi mengatakan, kehadiran Power Technology ke Surabaya untuk melakukan suatu model bisnis dengan sistem investasi. “Bukan cuma menjual alat pembangkit listrik, tapi outputnya berupa listrik yang bisa digunakan oleh konsumen. Tarifnya juga kompetitif dengan tariff listrik PLN,” ujarnya.

Tetapi, teknologi tersebut kurang efektif jika di terapkan di Surabaya mengingat space yang dibutuhkan untuk memasang panel cukup luas. “Cocoknya itu untuk skala Jawa Timur, untuk konsumsi listrik di pertanian, agro, real estate, dan tambak,” jelas Jamhadi.

Dan Jamhadi juga berharap, dengan masuknya Power Technology itu, investasi dari New Zealand ke Jawa Timur bisa meningkat. Dari datanya, sejauh ini New Zealand belum pernah masuk 10 besar dari 36 negara yang berinvestasi ke Jawa Timur.

“Kalau perdagangan Jawa Timur dan New Zealand masih surplus meski tidak besar,” jelas Jamhadi. (ptms40@gmail.com)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com