Content: / /

Perhutani Divre Jatim Dukung Program Ketahanan Pangan

Agribisnis, Ekbis

08 Februari 2018
Perhutani Divre Jatim Dukung Program Ketahanan Pangan

Program tanaman pangan Perhutani Jatim.(zainuddin).

Perum Perhutani Divisi Regional (Divre) Jatim, siap dukung program ketahanan pangan pemerintah dengan komoditi di antaranya padi, jagung, tebu, daging, dan kedelai.

Kepala Perum Perhutani Divre Jatim, Sangudi Muhamad di Surabaya, Kamis
mengaku telah melakukan kerjasama dengan Kodam V/Brawijaya. “Kami sebelumnya telah berkunjung ke markas Kodam dan bertemu dengan Pangdam V/Brawijaya, Mayor Jenderal  TNI, Arif Rachman untuk meningkatkan kerjasama dalam mendukung program ketahanan pangan pemerintah,” katanya.

Program ketahanan pangan yang telah dicanangkan Pemerintah sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor 81 Tahun 2016 tentang kerjasama penggunaan dan pemanfaatan kawasan hutan untuk mendukung ketahanan pangan, lanjut Sangudi perlu dikawal bersama sehingga bisa sukses.

“Program penanaman kedelai di hutan dibantu Kodim dan Korem setempat, bahkan ada beberapa area khusus yang menjadi binaan Dandim dan Danrem. Target kedelai tahun ini di Perhutani seluas 1 juta hektar dan 300 ribu hektar di wilayah Jatim”, terang Sangudi.

Menurut data Balai Penelitian Kacang-Kacangan dan Umbi-Umbian (BALITKABI), produktifitas kedelai di lahan hutan relatif lebih subur bisa 1.8-3.2 ton per hektar, dibanding di luar lahan hutan 1.5-1.8 ton per hektar. Perhutani Jatim mengelola kawasan hutan seluas kurang lebih 1,1 juta hektar yang sangat potensial untuk dikerjasamakan.(zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com