Content: / /

Pengusaha Inggris dan Jepang Tertarik Investasi di Jawa Timur

Keuangan

05 November 2016
Pengusaha Inggris dan Jepang Tertarik Investasi di Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, bersama jajarannya, dan juga Walikota Surabaya, Ketua DPRD Jawa Timur, Ketua KADIN Surabaya, dan Bupati Sidoarjo

Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo, SH. M. Hum, bersama Tim Ekonomi Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jepang dan Inggris pada 22-28 Oktober 2016.

Kunjungan itu juga diikuti kepala daerah, sepertiTri Rismaharini ( Walikota Surabaya), Saiful Illah (Bupati Sidoarjo), Abdul Halim Iskandar (Ketua DPRD Jawa Timur), Dr Ir Jamhadi, MBA (Tim Ahli Kamar Dagang & Industri/KADIN Jawa Timur), Lilik Sholeh (Kepala Badan Penanaman Modal/BPM Propinsi Jawa Timur), Fattah Jasin (Kepala Badan Perencanaan Daerah/Bappeda Jawa Timur), dan beberapa pejabat lainnya.

Kedatangan Soekarwo dan rombongan mendapat sambutan baik dari pengusaha Jepang dan Inggris, yang hendak berinvestasi ke Jawa Timur. Targetnya, investasi yang didapat Jawa Timur dari dua negara yang dikunjungi tersebut lebih dari 2,4 triliun rupiah di Inggris sesuai izin prinsip, dan 1,976 trilun rupiah untuk izin prinsip dari investor Jepang.

Dalam keterangannya usai mengikuti kunjungan Gubernur Jawa Timur, Jamhadi yang juga menjabat sebagai Ketua KADIN Surabaya mengatakan, sejumlah pengusaha dari kedua negara yakni Jepang dan Inggris sangat tertarik untuk menanamkan investasinya ke Jawa Timur.

Beberapa perusahaan itu antara lain British Telecom yang berminat kerjasama untuk sarana komunikasi di desa-desa di Jawa Timur, lalu produsen bus Alexander Dennis (ADL) yang menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya untuk memperbaiki sarana transportasi di Surabaya, dan Waikota Surabaya menyambut baik peluang ini.

Kemudian ada Hayman Capital Management, yang kemungkinan kerjasama di bidang pembiayaan, Oxford Business Group yang bersedia masuk ke sektor maritim dan sektor pariwisata, dan Sheffield University London yang concern terhadap industry kreatif.

Pabrikan otomotif, Ferrari juga telah menyepakati akan mendirikan pabrik di Jawa Timur. Lokasinya direncanakan berada di Sidoarjo dengan luas lahan 1.000 hektar (ha). Rencananya, segmen mobil yang akan diproduksi berupa mobil sport utility vehicle (SUV).  

“Ferrari sepakat akan berinvetasi di Jawa Timur. Nantinya mobil Ferrari yang diproduksi di Jawa Timur untuk memenuhi kebutuhan pasar global terutama di Asia,” kata Jamhadi.

Selama kunjungan tersebut, Jamhadi juga jadi pembicara bersama Tri Rismaharini dalam salah satu business forum yang dihadiri 60 calon investor. Selain kedua tokoh tersebut, forum ini menghadirkan Mr Jery dan hadir sebagai moderator ialah Mr Martin Hatful.

“Selain itu dalam business forum di Jepang dihadiri lebih dari 60 investor yang berminat doing business di Surabaya dan Jawa Timur. Para pengusaha Jepang berminat investasi di Jawa Timur dan Surabaya. Pengusaha yang sudah investasi akan meningkatkan investasinya,” ujarnya CEO PT Tata Bumi Raya ini. (*)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com