Content: / /

Pemprov Jatim Undang Pengusaha Pomerania Berinvestasi di Jawa Timur

Keuangan

25 November 2016
Pemprov Jatim Undang Pengusaha Pomerania Berinvestasi di Jawa Timur

Wagub Saifulah Yusuf dan Gubernur Propinsi Gedansk, Polandia, menandatangani MoU perdagangan antar kedua wilayah

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) sedang giat promosi dagang dan investasi di Polandia. Rombongan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang dipimpin Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf,  membuka peluang kerjasama dengan Polandia di sektor agro dan pariwisata.

Dalam kunjungannya sejak 21 Nopember 2016 itu, Saifullah Yusuf didampingi Konsul Kehormatan Polandia di Surabaya, Sudomo Margontoro, Tim Ahli Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Timur, Dr Ir Jamhadi, MBA, Dr.Ir Moch Ardi Prasetiawan,M.Eng, Sc, ME (Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur), dan Bupati Sidoarjo Saiful Illah.

Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh tim dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan KADIN untuk memaparkan peluang usaha dan potensi yang ada di Jawa Timur. Salah satu pemaparan itu disampaikan Jamhadi, yang juga Ketua KADIN Surabaya.

Di hadapan sejumlah pengusaha dan pejabat Pomorskie Region atau Provinsi Pomerania, beberapa hal yang diajukan Jawa Timur. Menurut Jamhadi, hal tersebut antara lain perlunya membuat kerjasama bidang tourism package Polandia-Bali-Surabaya, pengusaha Polandia membuka usaha di Surabaya dan Jawa Timur.

Menurut pemaparan Jamhadi, berbisnis di Jawa Timur sangat cocok karena antara Polandia dan Indonesia punya living cost yang hampir sama.

“Index competitiveness Jawa Timur dan Polandia hampir sama. Ada permintaan di sektor agro, dan Polandia bagus untuk sektor agro. Kami undang mereka investasi di Jawa Timur untuk memproduksi produk substitusi, demi memenuhi kebutuhan pasar global,” kata Jamhadi.

Marshal atau Gubernur Provinsi Pomerania, Mieczyslaw Struk sangat terkesan dengan Jawa Timur setelah mendapat paparan tentang potensi dan peluang berinvestasi di Jawa Timur.

"Dua puluh tahun lalu saya pernah ke Indonesia, ke Bali. Saya terkesan tidak hanya keindahan pantai dan pulaunya, tapi juga udaranya yang dekat equator," kata Struk saat jamuan makan malam di restoran Gdanks Hotel, Polandia.

Dia merasa iri dengan Indonesia yang punya Bali. "Saya berjemur sampai kulit punggung gosong," katanya sambil tertawa.

Menanggapi Struk, Gus Ipul langsung mengundang Marshal ke Surabaya. "Bali sangat dekat dengan Surabaya sebagai ibukota Jawa Timur. Hanya 40 menit dengan pesawat terbang. Kami mengundang Pak Marshal untuk kunjungan balasan ke Jawa Timur," sahut Wagub.

Dalam struktur pemerintahan di Polandia, suatu provinsi dipimpin seorang Marshal (kepala daerah). Marshal dan wakil marshal dipilih rakyat mewakili partai yang ada. Marshal dan wakil marshal bisa berasal dari partai yang berbeda. Marshal dipilih dari suara terbanyak. Sedang wakil dari suara terbanyak kedua.

Dalam pemerintahan provinsi juga ada seorang gubernur. Namun, dia dipilih pemerintah pusat dan hanya bertugas pengawasan. (*)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com