Content: / /

Pemprov Jatim – KBRI Qatar Koordinasi Siapkan Langkah Perlindungan TKI Jatim

Ekbis

15 Juni 2017
Pemprov Jatim – KBRI Qatar Koordinasi Siapkan Langkah Perlindungan TKI Jatim

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, Drs H Setiadjit M.Si (Kanan).

Sejumlah negara teluk memutus hubungan diplomatik dengan Qatar karena dianggap mendukung terorisme. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur terus berkoordinasi dengan KBRI Qatar untuk menyiapkan langkah perlindungan untuk TKI asal Jatim.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim Setiajit mengatakan pihaknya rutin memantau kondisi terkini di Qatar. Sampai berita ini ditulis, TKI masih dinyatakan aman. KBRI, sambung Setiajit, telah mengimbau WNI agar siap dievakuasi dan dipulangkan apabila sewaktu-sewaktu kondisi berubah membahayakan

“Kami sudah menyiapkan posko di sini untuk selanjutnya dipulangkan ke daerah asalnya. Yang pasti, kami selalu kontak dengan KBRI menindaklanjuti setiap peristiwa yang terjadi,” katanya,Rabu (14/6) di Surabaya.

Ia mengungkapkan, ada sebanyak 904 orang WNI asal Jatim yang sedang bekerja di Qatar. Jumlah tersebut telah melaporkannya ke Gubernur Jatim Soekarwo, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Kepala BNP2TKI Nusron Wahid. “Kami mengirim surat kepada pemerintah pusat melalui Gubernur untuk memohon perlindungan lebih, jika situasi politik semakin memburuk,” terangnya.

Lebih lanjut, dijelaskannya TKI asal Jatim yang berada di Qatar mayoritas adalah pekerja legal dengan berbagai berprofesi seperti pekerja konstruksi dan pekerja kilang minyak, sopir dan  berbagai profesi lainnya. “Ada yang menjadi pembantu rumah tangga (PRT), tapi jumlahnya tidak banyak,” tandasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi akan terus melakukan komunikasi via telepon dengan pimpinan negara-negara lainnya yang berkaitan dengan krisis di Qatar. Setelah komunikasi dirasa cukup, Indonesia akan menentukan sikap. (zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com