Content: / /

Pemprov Jatim dan PT Semen Indonesia Kerjasama Pengelolaan Lingkungan Hidup

Teknologi

07 Juni 2017
Pemprov Jatim dan PT Semen Indonesia Kerjasama Pengelolaan Lingkungan Hidup

Foto: Humasprov Jatim.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan PT Semen Indonesia menandatangani naskah kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) Pengelolaan Lingkungan Hidup. MoU ini diharapkan menjadi solusi berbagai persoalan lingkungan hidup yang dialami oleh pemerintah, di antaranya pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

MoU tersebut ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dan Penanggung Jawab sementara Direktur Utama PT Semen Indonesia Persero, Tbk (PT. SI), Darmawan Junaidi di Ruang Kerja Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan 110 Surabaya, Selasa (6/6).

Pakde Karwo mengatakan, MoU ini menjadi langkah maju untuk mengelola limbah B3. Pasalnya, selama ini sampah yang spesifik limbah B3 asal Jatim diangkut ke Cileungsi, sehingga ongkos angkutnya sangat mahal. Ditambah lagi resiko jika terjadi kecelakaan di jalan yang membahayakan lingkungan dan nyawa orang.

Dengan adanya MoU ini, maka sampah dan limbah B3 akan diolah oleh pabrik PT. SI di Tuban sebagai bahan baku dan bahan bakar alternatif. Potensi sampah yang dihasilkan sebanyak 64.760,92 ton/tahun, sedangkan potensi limbah B3 di Jatim mencapai sekitar 170 juta ton/tahun.

“MoU ini menjadi salah satu langkah strategis untuk menyelesaikan masalah sampah serta menyukseskan target nol sampah di 2020. Sampah akan memiliki nilai tambah” katanya.(zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com