Content: / /

Pameran Di Luar Negeri Efektif Datangkan Wisman

Pariwisata

03 Mei 2017
Pameran Di Luar Negeri Efektif Datangkan Wisman

Promosi wisata bisa dilakukan online maupun offline. Bahkan melalui pameran di luar negeri pun cukup efektif mempromosikan destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Rizki Handayani, Asisten Deputi pengembangan pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengatakan, Kemenpar biasanya mengikuti berbagai pameran di luar negeri, diantaranya MATA Fair untuk mempromosikan obyek wisata unggulan di Indonesia. Terakhir Kemenpar menggunakan tema ikon wisata Jawa Timur yakni Gunung Bromo. Sebelumnya juga pernah memakai tema wisata Lombok.

 "Tidak menutup kemungkinan daerah lain yang akan kita jual," ujarnya.

Meski begitu, lanjut Rizki,  tidak bisa semua obyek wisata ditampilkan dalam pameran, namun daerah dengan ikon wisata menarik dan tidak dimiliki negara lain yang jadi prioritas. Kemenpar juga tidak menjual obyek wisata per kabupaten, namun  per provinsi dengan ikon wisata yang telah disepakati sebelumnya oleh daerah masing-masing.

Ia mencontohkan, wisman asal Malaysia, Singapura, Thailand hingga Vietnam tidak mempunyai gunung berapi di negaranya, sehingga  untuk menjual obyek wisata gunung Bromo sebagai ikon Jawa Timur cukup gampang.

Sementara Nia Niscaya, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika menambahkan, pariwisata merupakan industri image, jika image nya bagus maka orang akan semakin tertarik.  

Lewat even pameran di luar negeri, Bali banyak mendominasi, namun menurut Nia, pihaknya harus fair memberikan kesempatan promosi bagi daerah lain. Kemenpar juga tetap memajang image atau banner yang menampilkan keindahan 10 destinasi utama wisata di Indonesia dalam setiap booth pameran yang digelar.  

"Salah satunya Lombok yang sempat ikut pameran dan dipublikasikan media luar," ucapnya.

Ia mengakui, tahun ini Kemenpar menargetkan 15 juta wisman datang ke Indonesia, wisman terbesar dari  China dengan jumlah 2,4 juta orang setahun, lalu Singapura dengan 2,2 juta orang, Eropa 2,1 juta orang, Australia 1,8 juta orang, Malaysia 1,7 juta orang, dan sisanya berasal dari negara lain. (ZAINUDDIN).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com