Content: / /

Pameran Batik Bordir Dan Asesoris Tampilkan Batik Motif Terbaru

Fashion

11 Mei 2017
Pameran Batik Bordir Dan Asesoris Tampilkan Batik Motif Terbaru

Gubernur Jatim Dr H Soekarwo dan ketua KAdin Jatim, Ir H La Nyalla MM sedang berdialog dengan peserta pameran.

Bagi penyuka batik, saat ini sangat tepat untuk berbelanja. Berbagai motif batik terbaru digelar di Grand City Surabaya, diarena pameran batik bordir dan asesoris Fair sampai tanggal 14 Mei mendatang.
Ketua  Asosiasi Batik Jatim, Hj. Putu Sulistiani mengatakan, para perajin dan bordir sengaja menampilkan produk  terbarunya. Karena sudah dekat dengan lebaran, dan biasanya  kurang dua bulan, masyarakat sudah belanja baju untuk lebaran.
“Sekarang ini saat yang tepat untuk memiliki batik terbaru dari seluruh Jatim, dan kualitasnya dijamin baik,” kata Hj. Putu Suliani diarena pameran.
Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, ketika membuka pameran batik bordir & asesoris Fair ke 12 di Grand City Surabaya, Rabu (10/5/2017) mengatakan, industri kerajinan batik bordir dan asesoris Jawa Timur harus bisa berdaya saing. Ini artinya kualitasnya harus bagus, harganya murah, unik, dan jika dipesan cepat sampai tujuan.
   
Menurut Pakde Karwo,  batik Jatim saat ini belum bisa memenuhi syarat daya saing karena harganya yang masih mahal dibanding batik Pekalongan yang cenderung lebih murah dan berkualitas bagus. Untuk itulah, pemerintah akan memberikam bantuan kredit dengan suku bunga murah sebesar 6 persen. Dengan bantuan kredit suku bunga murah tersebut diharapkan bisa membantu para pengrajin batik bordir dan asesoris agar bisa menekan biaya produksi lebih murah dan hasil kerajinannya bisa berdaya saing, baik di pasar lokal dan global.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, M Ardi Prasetyawan, mengatakan Pameran Batik Bordir ini digelar dalam rangka mendukung peningkatan daya saing Industri Kecil Menengah (IKM) dan penguatan pasar domestik, serta upaya  peningkatan pengguna produksi dalam negeri.

Pameran Batik, Bordir, dan Assesories ke-12 tahun 2017 ini hadir dengan tema  The Amazing Natural Colour of East Java. Tema tersebut mengandung makna bahwa pengrajin batik di Jawa Timur akan kembali ke warna alam.

Pemerintah provinsi Jatim mendukung sepenuhnya event-event seperti ini. Kepada pihak penyelenggara, diharapkan kegiatan ini terus diselenggarakan dan semakin lebih baik dari tahun ke tahun. Baik dalam jumlah pesertanya, maupun nilai transaksi yang terjadi selama pameran serta peningkatan jejaring pemasaran yang lebih luas lagi.

 "Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengucapkan terimakasih kepada PT. Debindo Mitra Tama yang telah melaksanakan pameran ini secara rutin setiap tahunnya. Ini menjadi salah satu langkah yang tepat dan strategis," ujar Ardy.

Produk - produk yang akan dipamerkan adalah batik, bordir, songket, sulaman, tenun, dan hasil kerajinan aksesoris dalam negeri. Kegiatan yang mengisi kemeriahan acara ini juga ada Talkshow, demo membatik, fashion show dan berbagai macam lomba.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 9-14 Mei 2017 itu diharapkan bisa memghasilkan transakai Rp 7 miliar atau naik Rp 200 juta dibansing tahum lalu Rp 6,8 miliar dan jumlah pengunjung bisa mencapai 50 ribu orang. (zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com