Content: / /

Pabrik Pengolahan Limbah B3 akan Dibangun di Mojokerto

Keuangan

04 Januari 2017
Pabrik Pengolahan Limbah B3 akan Dibangun di Mojokerto

Truk pengangkut limbah B3 yang ditahan Polres Lamongan belum lama i i karena diduga membuang limbah di lahan di kawasan Sunan Drajat Lamongan

Pesatnya industri Jawa Timur selama ini tidak diiringi dengan pengolahan limbah yang baik. Akibatnya, banya industr membuang limbah bahan bahaya dan beracun (B3) di tempat yang tidak semestinya.

Karena faktor itulah, Pemprov Jawa Timur mulai mencari lahan untuk dijadikan pusat pengolahan limbah B3. Pilihannya berada di Kecamatan Dawarblondong, Kabupaten Mojokerto. Awal tahun ini sudah dilakukan pemberkasan proses perijinannya.

"Lokasinya tetap di Mojokerto tapi lahannya milik Perum Perhutani. Sekarang dalam proses tukar guling (ruislag), mudah-mudahan berhalan lancar," terang Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jatim, Bambang Sadono, Rabu,(4/1/2017).

Mantan Kepala Inspektorat Jatim ini mengatakan kelebihan lokasi yang baru adalah dekat dengan akses jalan raya dan ukurannya lebih luas.

"Target awal adalah 50 hektar tapi nanti kita dapat sekitar 57 hektar dan harganya juga lebih murah karena hanya membutuhkan sekitar Rp20 miliar," ungkap Bambang Sadono.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim Mahdi mengapresiasi keseriusan dari Pemprov untuk membangun pabrik pengolahan limbah B3 tersebut.

"Keberadaan pabrik ini  sangat mendesak dan dibutuhkan karena hingga saat ini Jatim belum memiliki sehingga limbah B3 asal Jatim harus dibawa ke Cilingsi Bogor yang jaraknya terlalu jauh dan membutuhkan biaya besar," tandasnya. (*)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com