Content: / /

Luncurkan Benih Jagung Hibrida P36 Bekisar

Agribisnis, Ekbis

08 Mei 2018
Luncurkan Benih Jagung Hibrida P36 Bekisar

Benny Sugiharto, Country Manager Corteva Agriscience (kanan) memperkenalkan benih jagung P36 di Surabaya, Senin (7/5)

SURABAYA, Corteva Agriscience, Divisi pertanian dari DowDuPont meluncurkan benih jagung hibrida terbaru, P36 Bekisar, Senin (7/5) di Surabaya. Benih ini memiliki hasil panen lebih tinggi dan tahan akan bulai.

Benny Sugiharto, Country Manager Corteva Agriscience, Divisi Pertanian dari DowDupont mengatakan, dengan P36 Bekisar ini petani bisa mendapatkan potensi hasil panen hingga 13 MT/Ha, sebab dapat ditanam pada populasi rapat sampai dengan 100.000 tanaman per hektar.

"Rata-rata hasil panennya 9,6 MT/Ha, dengan potensi panen hingga 13 MT/Ha. Ini lebih tinggi dari punya nasional 5,2 MT/Ha," ujarnya di sela launching P36 di Surabaya, Senin (7/5).

Menurut Benny, dengan luasan lahan yang sama, petani dapat menambah populasi tanaman yang pada akhirnya meningkatkan potensi hasil sampai dengan 15%, jagung ini juga dapat dipanen umur 90 hari. Hal ini tentu akan menguntungkan petani, tentunya dengan perawatan mulai dari pemupukan, pengairan hingga perawatan yang semestinya.

Lebih lanjut Benny menjelaskan, secara morfologi tanaman P36 Bekisar tumbuh seragam, batang dan daun tetap segar, tongkol besar dan panjang, warna biji merah cerah, dan varietas ini punya ketahanan terhadap bulai atau jamur Peronosclerospora maydis. 

"Mayoritas industri pakan ternak menyukai biji warna merah ini," terangnya.

Yuana Leksana, Marketing manager Pioneer Indonesia menambahkan, P36 ini pertama kali ditanam di lahan daerah Jombang, Jawa Timur, hasilnya pun menggembirakan. Menurut Yuana, saat ini harga jual P36 Bekisar sekitar Rp 70 ribu - 75 ribu, meski sedikit mahal, namun kualitas dan hasil panennya sangat tinggi.

"Kalau dihitung biaya untuk benih hanya 7% dari total biaya tanam, lebih kecil dibandingkan biaya pupuk, upah buruh hingga sewa lahan," tandasnya. jib

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com