Content: / /

Kemeriahan Acara HUT Kemerdekaan RI di Perum Pondok Maritim Indah

Kuliner

22 Agustus 2017
Kemeriahan Acara HUT Kemerdekaan RI di Perum Pondok Maritim Indah

Dandanan menyerupai pocong ini menjadi pusat perhatian pengunjung di Festival Jajanan Jadul yang digelar RT 06 Perum Pondok Maritim Indah Surabaya

Dalam rangka memperingati Dirgahayu Republik Indonesia ke 72, Rukun Tetangga (RT) 06, Rukun Warga (RW) 06, Perum Pondok Maritim Indah, Kelurahan Balasklumprik, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, menggelar serangkaian acara. Mulai dari Tirakatan, Senam, lomba hias sepeda, sampai Festival Jajanan Jaman Dulu (jadul).

Kemeriahan acara semakin kentara tatkala Ketua DPRD Surabaya, Armuji hadir untuk melepas ratusan peserta Jalan Sehat yang rata-rata warga Perum Pondok Maritim Indah pada Minggu pagi, 20 Agustus 2017.

Dengan mengenakan kostum yang unik dan menarik, para peserta mulai dari anak-anak, dewasa, dan remaja tampak antusias mengikuti acara tersebut.

Dalam sambutannya, Armuji mengajak agar warga terus menggalakkan dan melanjutkan acara kumpul warga seperti Jalan Sehat ini. Tujuannya untuk meningkatkan kerukunan dan keguyuban serta persaudaraan antar warga dengan warga dan warga dengan aparat pemerintah seperti Lurah dan Camat.

Antusiasme warga kian meningkat manakala hadiah menarik bagi peserta yang beruntung. Hadiah itu diantaranya magic jar, kipas angin, dan beberapa hadiah menarik lainnya.

Ketua Panitia HUT 17 Agustus di Perum Pondok Maritim Indah, Tri Arjanto mengatakan, acara ini dilaksanakan setelah acara tirakatan pada malam 17 Agustus 2017 kemarin, Selain Jalah Sehat, acara menarik lainnya ialah Lomba Gembira bagi ibu-ibu, lomba sepeda hias. Dan malam harinya akan digelar pentas seni dan bazaar jajanan jadul.

Festival Jajanan Dulu

Usai acara Jalan Sehat pada pagi harinya, kompleks RT 06, RW 06, Perum Pondok Maritim Indah pada malam harinya digelar Festival Jajanan Jadul. Beragam makanan tradisional ada disitu. Misalnya lopes, cenil, dan lain-lain.

Begitu juga kostum yang dikenakan peserta begitu unik. Mulai dari berkostum ala pocong, kabayan, pakaian jawa, dan sebagainya. Bahkan, Lurah Balas Klumprik, Sri Heryanti Trisuwandani terkesima melihat kegiatan yang digelar warga RT 06 ini,

Festival jajanan jadul ini merupakan rangkaian acara Memperingati Kemerdekaan RI yang ke 72. Sebelumnya, acara tasyakuran dihelat oleh warga RT 6 tepat pada Rabu malam 17 Agustus 2017. Kemudian, pada Minggu (20/8/2017) pagi, digelar acara Jalan Sehat dan Senam.

Lurah Balas Klumprik, Sri Heryanti Trisuwandani dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh warga RT 6 Perum Pondok Maritim Indah yang telah membuat acara luar biasa dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72.

“Ini sungguh hal yang luar biasa, ternyata warga RT 06 RW 06 Pondok Maritim Indah memang luar biasa. Dari pagi saya mengikuti kegiatan, sudah terpesona. Ternyata malam harinya semakin terpesona. Selamat kepada panitia yang mencurahkan tenaga dan pemikiran demi suksesnya acara ini,” kata ibu Lurah Sri Heryanti.

“Harapan kami ini bisa ditingkatkan kegiatannya, sehingga bisa menjalin tali silaturahmi antar warga dan keakraban yang tentunya berimbas kepada keamanan dan ketertiban. Acara ini bisa jadi contoh oleh RT lainnya,” ujar ibu Lurah Sri Heryanti.

Sri Heryanti menambahkan, tema HUT Kemerdekaan RI ialah Indonesia Kerja Bersama. “Dari tema ini, yang bisa kita tarik bahwa kita tidak bisa melaksanakan sesuatu sendirian. Misal Lurah kerja sendiri, LPMK kerja sendiri. Itu tidak bisa,” katanya.

Dia memaparkan, tahun ini pemerintah Indonesia mengambil tema kerja bersama, artinya dari segenap unsur harus bersama-sama. “Mudah-mudahan kita terus bersama mulai dari kartar, ibu-ibu dan bapak-bapaknya,” katanya.

Ketua RT 06 Perum Pondok Indah Maritim, Bapak Tri Dedi Setiawan menyatakan digelarnya acara itu bermaksud mempererat tali kebersamaan.

“Acara ini terselenggara berkat seluruh warga RT 6, bukan cuma panitia saja.Panitia mulai dari awal bulan Agustus, dari acara tasyakuran, senam pagi, hingga malam ini bisa terlaksana dengan baik. Demi kerukunan dan kebersamaan, kita punya hak dan kewajiban yang sama. Apapun yang kita lakukan, kita harus bekerja bersama,” pungkasnya.

Salah satu warga RT 06, Muhammad Solihin merasa bangga karena wilayah RT nya ada event yang digelar kegiatan jalan sehat, bagi-bagi sembako, dan lainnya.

“Ini baru pertama kali diselengarakan di RT 6. Sebagai warga, kami sangat senang. Tak lupa juga, kami menyampaikan terima kasih kepada Telkom Indonesia yang telah menjadi sponsor tunggal di kegiatan kami,” ujarnya. (*)

 

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com