Content: / /

KADIN Surabaya – Konjen Australia Pererat Kerjasama TTI

Info Kadin

27 September 2017
KADIN Surabaya – Konjen Australia Pererat Kerjasama TTI

Jamhadi dan Chris Barnes serta jajaran pengurus KADIN Surabaya

Konsulat Jenderal (Konjen) Australia resmi membuka kantor perwakilan di Surabaya pada Kamis, 14 September 2017. Adanya kantor yang terletak di Gedung Sampoerna, Jl Soekarno Hatta tersebut semakin meningkatkan hubungan antar kedua belah pihak, utamanya di bidang perdagangan, wisata, dan investasi atau disingkat TTI (trade, tourism, dan investment).

Dan pada Selasa, 26 September 2017, pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Surabaya diundang khusus untuk bertemu dengan Chris Barnes selaku Konsulat Jenderal Australia di Surabaya di kantornya, kompleks gedung Sampoerna, Jl Ir Soekarno No. 198 Surabaya.

Dari KADIN Surabaya, hadir dalam pertemuan itu ialah Dr Ir Jamhadi, MBA (Ketua KADIN Surabaya) beserta jajaran pengurusnya, antara lain Nur Aini, Wahyu Kusumo Hadi, Christine, dan Totok. Hadir pula ialah Kuswana (Ketua HIMPI Surabaya). Sedangkan dari Konjen Australia ialah Mr Chris Barnes didampingi Mr Mathew Smith (Konsul).

Pertemuan yang dimulai sekitar jam 10.30 WIB ini membahas sejumlah isu menarik tentang roda perekonomian dan bisnis di Surabaya. Maklum saja, sebagai mitra strategis Pemerintah dan wadah dunia usaha, KADIN lebih banyak paham tentang bidang yang digelutinya. Nah, informasi tentang ekonomi bisnis yang disampaikan KADIN Surabaya ke Chris Barnes cukup memberi manfaat dalam rangka meningkatkan hubungan TTI antar dua pihak.

Satu contoh yang dibahas ialah infrastruktur menuju ke pelabuhan dan bandara Juanda. Jamhadi yang juga jadi Tim Ahli KADIN Jawa Timur menyampaikan secara gamblang tentang pesatnya infrastruktur yang dibangun di Surabaya  dan Jawa Timur pada umumnya.

Selain itu, Jamhadi juga menyebutkan bahwa Jawa Timur memiliki beberapa terminal penerbangan domestik. Sebut saja terminal di Bawean, Sumenep, Banyuwangi, dan Jember. Dari Pelabuhan, menurut Jamhadi, pengembangan Pelabuhan di Surabaya menopang arus barang di Surabaya supaya cost bisa dikurangi. Tentunya, hal itu akan berdampak terhadap daya saing produk dari Surabaya atau Jawa Timur pada umumnya.

Di bidang property, Jamhadi menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) sedang menerapkan aturan agar tempat tinggal dibangun secara vertical di saat lahan kosong kian terbatas.

Konjen Australia di Surabaya, Chris Barnes menyampaikan bahwa ada beberapa perusahaan asal Australia yang telah berdiri di Jawa Timur. Hebatnya, ada perusahaan yang memproduksi produk tanpa dijual ke pasar lokal.

Beberapa bahasan lain dibahas Chris, diantaranya tentang optimalisasi green building, dan Chris menceritakan bagaimana dia kagum kepada Bonek (bondo nekat julukan supporter tim sepakbola Persebaya Surabaya).

Chris berharap, pertemuan dengan KADIN Surabaya menjadi momen cukup bagus dan ada tindak lanjut untuk meningkatkan kerjasama. (*)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com