Content: / /

KADIN Meminta Agar Pemerintah Membuat Neraca Produk

Keuangan

12 Januari 2017
KADIN Meminta Agar Pemerintah Membuat Neraca Produk

Papan digital di pintu masuk Pasar Wonokromo, Surabaya

Harga bahan kebutuhan pokok seperti cabai, bawang, daging, dan beberapa bahan pokok lainnya rentan mengalami fluktuasi harga. Contohnya cabai. Dalam 2 minggu ini, harga cabai mengalami kenaikan hingga 200.000 rupiah per kg.

Menanggapi kondisi itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Surabaya meminta agar pemerintah untuk membuat neraca produk. Dengan neraca produk tersebut, Pemerintah Daerah akan mengetahui jumlah kebutuhan pokok di daerahnya. Sehingga bisa mengatur produksi untuk memberikan pendampingan dan bantuan dari sisi on farm.

“Setelah adanya neraca produk itu, kita bisa tahu supplainya berapa agar kekurangannya bisa disiapkan dalam jangka panjang. Itu cara yang terbaik,” kata Jamhadi yang juga CEO Tata Bumi Raya Group.

Menurut Jamhadi, cara membuat neraca produk itu bisa membuka peluang investasi baru khususnya di wilayah Jawa Timur atau Surabaya. Karena kebutuhan pokok itu bukan cuma untuk kebutuhan masyarakat, tetapi juga untuk industri.  

“Misalnya banyak makanan siap saji yang dijual untuk pasar ekspor. Tapi jika manajemennya salah, maka tengkulak akan bermain,” jelasnya.

Dia juga meminta agar Pemerintah memasang papan harga digital di tiap pintu masuk pasar. Papan harga itu bisa inline dan online dengan kepala daerah, atau minimal Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

”Kalau ada produk dengan selisih harga lebih mahal dari harga yang tercantum di papan digital, maka bisa dilaporkan. Itu hanya persoalan manajemen,” kata Jamhadi. (*)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com