Content: / /

Kadin Jatim Siap Menjadi Satgas Kemitraan

Info Kadin

28 April 2017
Kadin Jatim Siap Menjadi Satgas Kemitraan

Kamar Dagang dan Industri ( Kadin) Jawa Timur ( Jatim) menyatakan siap menjadi Satgas Kemitraan yang bertugas untuk menjembatani berbagai persoalan yang timbul dalam penegakan persaingan usaha sehat di wilayah Jatim, utamanya dibidang kontruksi atau pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Tim Ahli Kadin Jatim, Dr Ir Jamhadi MBA, mengatakan, pembentukan Satgas Kemitraan sangat penting mengingat sejauh ini banyak pengusaha Jatim yang mengaku kesulitan untuk memenuhi berbagai persyaratan yang diwajibkan panitia pelelangan.

Apalagi menurut pengakuan banyak pelaku usaha, berbagai persyaratan yang diwajibkan tersebut terkesan mempersulit kontaktor kelas menengah untuk memenuhinya. Akibatnya, tender tersebut hanya dimenangkan oleh pelaku usaha besar yang bisa memenuhi persyaratan tersebut.

"Satgas ini juga bisa meminimalisir tindak persekongkolan tender, baik vertikal maupun horizontal yang kerap terjadi sampai saat ini," kata Jamhadi, Jumat (28/4).

Jamhadi menyontohkan, tender senilai Rp 50 miliar dengan mewajibkan adanya tenaga ahli sekitar 15 orang. Atau berbagai peralatan berat yang harus dimiliki. Padahal idealnya, jumlah tenaga ahli yang diwajibkan tidak sebanyak itu. Akhirnya perusahaan besar yang memenangkan.

Padahal nilai proyek yang ditawarkan jauh lebih mahal dibanding yang diajukan pengusaha menengah, selisihnya bisa mencapai 10%. Bisa dibayangkan, berapa kerugian yang ditanggung pemerintah "Karena laporan yang masuk pada kami sangat banyak. Tidak hanya di sektor kontruksi, praktek tersebut juga terjadi di sektor industri dan perdagangan," tambah Jamhadi. (zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com