Content: / /

Jokowi Ajak Muhammadiyah Jaga Etika Berbangsa

Pendidikan

04 Juni 2017
Jokowi Ajak Muhammadiyah Jaga Etika Berbangsa

Presiden RI Joko Widodoketika menghadiri kajian Ramadan di kampus UMM (Universitas Muhammadiyah Malang), Sabtu (3/6).Foto: Sugeng JNR

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh jajaran pengurus dan warga Muhammadiyah untuk jaga etika berbangsa dan bernegara. Hal itu disampaikan Jokowi saat kajian Ramadan di kampus UMM (Universitas Muhammadiyah Malang), Sabtu (3/6).

Presiden mengatakan, budaya masyarakat yang masih saling menyalahkan, saling hujat, dan demo perlu diperbaiki. "Energi kita habis untuk hal-hal tidak perlu. Polri keluar anggaran yang besar hanya untuk penanganan demo. Kita lupa kita saudara. Kehidupan muamalah kita. Ukhuwah Islamiyyah kita," kata Jokowi.

Namun, Jokowi yakin hal-hal yang baik-baik ini ada di Muhammadiyah. Untuk itu ia mengajak seluruh jajaran pengurus ajak teman tetangga kembali kepada etika berbangsa dan bernegara bermasyarakat yang baik.

"Kita harus mulai konsentrasi pada hal positif. Bagaimana mengembalikan lagi semangat ukhuwah Islamiyyah dan Wathaniyah kita. Dari situ kita bisa mengejar ketertinggalan dari negara lain," ujar Jokowi.

Ia mengingatkan, keberagaman Indonesia dengan ribuan suku bangsa di 34 provinsi dan 17 ribu pulau sudah diakui dunia. "Saya ketemu dengan Presiden Afganistan. Dia berkata di sana pecah menjadi dua golongan. Namun ia mengaku kagum dengan Indonesia dari ribuan suku masih bisa bersatu," ungkapnya.

Pengakuan dari negara lain bahkan dunia akan keberagaman Indonesia, kata Jokowi, harus tetap dijaga. Ia juga meminta masyarakat lebih selektif dan bisa memilih informasi yang benar. "Jangan mudah percaya berita media sosial yang gampang sekali dibuat namun tidak bisa dipertanggungjawabkan," tuturnya. (jnr/zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com