Content: / /

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, PT KAI Daops 9 Inspeksi Jalur

Transportasi

08 Desember 2017
Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, PT KAI Daops 9 Inspeksi Jalur

Pemeriksaan real kereta api oleh petugas.(jnr).

Jelang Natal dan tahun baru 2018, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember mulai melakukan inspeksi dan mengecek lintas jalur kereta apidi sepanjang wilayah kerjanya mulai Pasuruan hingga Banyuwangi, Jawa Timur.


"Kami sudah melakukan inspeksi dengan menggunakan lori untuk memastikan kondisi prasarana seperti sinyal, wesel dan alat persinyalan berfungsi dengan baik sepanjang Pasuruan hingga Jember yang dipimpin langsung oleh Vice President Daop 9 Yuherman," kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Luqman Arif, Jumat (712).


Menurutnya inspeksi dan cek lintas jalur rel kereta dilakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran moda transportasi kereta api selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru yang ditetapkan selama 17 hari yakni mulai 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018.


"Pemeriksaan juga meliputi kondisi pelayanan di stasiun seperti ruang tunggu, loket, toilet dalam keadaan bersih, dan nyaman, sehingga fasilitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan penumpang," tuturnya.


Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga melakukan "re-freshment" kepada petugas operasional di stasiun tentang regulasi terkait peraturan dinas perjalanan kereta api, sehingga manajemen berharap petugas melakukan tugasnya dengan sebaik-baiknya.


"Hasil inspeksi yakni prasarana semua baik, sedangkan aspek pelayanan seperti renovasi toilet di Stasiun Probolinggo masih berlangsung dan dipastikan sebelum tanggal 22 Desember 2017 sudah selesai," ujarnya.


Luqman mengatakan kegiatan pengecekan jalur kereta itu sebenarnya merupakan kegiatan rutin yang dilakukan PT KAI, namun pada momentum tertentu seperti Lebaran dan Natal juga ditingkatkan pengecekan lintas jalur tersebut, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


"Untuk meningkatkan pelayanan penumpang selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru, seluruh pegawai PT KAI dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun dan tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan," ucapnya.


Setelah rute Pasuruan-Jember, katanya, lori inspeksi PT KAI Daop 9 juga akan dilanjutkan dengan rute Jember-Banyuwangi karena wilayah Daop 9 Jember mulai dari Pasuruan sampai Banyuwangi dengan panjang rel aktif 261 kilometer yang memiliki 33 stasiun. (jnr/zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com