Content: / /

Jatim Tingkatkan Pengawasan Terhadap Orang Asing

Fashion

19 Mei 2017
  Jatim Tingkatkan Pengawasan Terhadap Orang Asing

Jawa Timur semakin memperketat gerak-gerik warga asing, bahkan tim pengawasan orang asing yang berasal dari berbagai instansi telah dibentuk.

Lucky Agung Binarto, Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Jawa Timur (Jatim) mengatakan, pemerintah provinsi Jatim telah membentuk tim pengawasan orang asing dengan jumlah terbanyak kedua setelah Jawa Barat. Tim ini mengawasi berbagai gerak-gerik warga asing mulai dari diplomat, tenaga ahli, wartawan asing, artis asing, rohaniawan, organisasi masyarakat asing, dan lainnya.

"Kami juga minta partisipasi masyarakat untuk ikut melapor lewat aplikasi yang telah disediakan," ujarnya di sela rapat koodinasi dengan perwakilan negara asing dan lembaga pendidikan tinggi di Jatim, Kamis (18/5).

Selain itu, lanjut Lucky, rancangan peraturan daerah tentang pengawasan orang asing dan organisasi masyarakat asing di Jatim juga sedang digodok, sehingga bisa menjadi payung hukum kuat untuk menindak orang asing.

Pihaknya juga berharap perwakilan negara sahabat yang ada di Jatim bisa ikut melakukan pengawasan terhadap warga negaranya di Jatim, sehingga jika terkena masalah bisa diselesaikan.

Selama ini, lanjut Lucky, ada berbagai modus pelanggaran yang dilakukan orang asing, seperti paspornya adalah  tujuan wisata namun warga asing itu justru sebagai tenaga kerja, ini jelas melanggar UU ketenagakerjaan, adapula tujuan penelitian tapi menyimpang dari aktivitasnya sehingga juga menyalahi UU pendidikan tinggi, adapula yang parah dengan mengedarkan narkotika.  
 
Pelanggaran tersebut akan dilakukan tindakan administrasi keimigrasian hingga tindak pidana imigrasi yang berujung pendeportasian maupun pidana.

Direskimsus Polda Jatim, Widodo menambahkan, ada banyak kasus yang bisa menjadi pembelajaran dalam pengawasan orang asing, ia mencontohkan sebuah kasus orang asing yang masuk atas nama penanaman modal asing dengan tujuan mendirikan pabrik es krim dan menjabat sebagai manager di perusahaan itu, namun setelah dicek ternyata bermasalah, hingga kini orang asing itu dalam proses penanganan, paspornya juga ditahan.

Selain itu ada pula kasus warga asing asal China yang menjadi tenaga kerja di pertambangan, ternyata ditelusuri hanya 3 orang yang sebagai ahli sisanya sebanyak 11 orang asing sebagai tenaga kasar. Orang asing jelas tidak boleh menjadi tenaga kasar. Mereka ditahan dan divonis pengadilan kurungan 9 bulan. Hingga kini pemberi kerja masih misterius dan berstatus DPO.  

"Saat proses penahanan ada satu warga asing yang meninggal, lama tidak diambil mayatnya oleh keluarga, hingga kami yang mengurusinya," ujarnya. (zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com