Content: / /

Jatim Memiliki 243.441 penyandang disabilitas

Fashion

25 Juli 2017
Jatim Memiliki 243.441 penyandang disabilitas

Kabid Dokumentasi dan Informasi Hukum, Biro Hukum Kemensos, Akhiril Had. Foto: Rijal JNR.(jnr/zainuddin).

Dinas Sosial Jatim berusaha  melakukan sosialisasi UU Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas secara masif. Dari 243.441 penyandang disabilitas yang tercatat hingga tahun 2015, terbagi 120.067 penyandang disabilitas laki-laki dan 123.374 perempuan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Jatim, Arman Linda pada Sosialisasi Undang-Undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas di Papilio Hotel Surabaya, Selasa (25/7).

Dikatakannya, sesuai UU tersebut, penyandang disabilotas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental dan atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak.

Selama ini, permasalahan inklusivitas penyandang disabilitas,diantaranya masih adanya data yang tidak akurat, beragamnya definisi dan metode pengumpulan data, dan adanya stigma sosial sehingga disabilitas tersembunyi.

Selain itu, rendahnya kepekaan dan pemahaman terhadap kebutuhan khusus penyandang disabilitas, kebijakan dan peraturan yang mempertimbangkan kebutuhan dan keberadaan penyandang disabilitas kurang.

Hal lain yakni banyaknya sarana dan prasarana publik yang sulit diakses dan belum sepenuhnya ramah bagi penyandang disabilitas, sehingga keterbatasan penyandang disabilitas berpartisipasi dalam kehidupan sosial dan ekonomi.

Masalah lain yakni pemenuhan kebutuhan khusus dipandang costly, akibatnya terjadi pengeluaran biaya non-ekonomi seperti isolasi sosial, stres, dan biaya tidak langsung lainnya akibat kehilangan produktivitas. Di negara berkembang kerugian diperkirakan mencapai 6.7% dari GDP (Gross Domestic Product).

Kabid Dokumentasi dan Informasi Hukum, Biro Hukum Kemensos, Akhiril Hadi menambahkan, saat ini Kementerian Sosial sedang mempersiapkan draft Peraturan Pemerintah (PP) sebagai peraturan pelaksanaan dari UU penyandang disabilitas. Sebanyak 15 draft PP disiapkan bertahap untuk dikoordinasikan dengan Kementerian/lembaga lainnya.

UU Disabilitas sebagai penyempurnaan UU Nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat. Terdapat lima poin penting dalam UU Disabilitas, yakni kartu penanda disabilitas dan insentif disabilitas terkait kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. UU Penyandang Disabilitas berbasis kepada pemenuhan hak para penyandang disabilitas sementara UU Penyandang Cacat lebih kepada proses rehabilitasinya.

Dalam UU Penyandang Disabilitas terdapat 24 hak-hak dasar penyandang disabilitas yang khusus untuk anak serta perempuan dan 22 hak dasar untuk semua penyandang disabilitas.
Kartu Penyandang Disabilitas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 121 ayat (1) berlaku sampai dengan diterbitkannya kartu identitas kependudukan tunggal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tindakan hukum berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1997 Nomor 9, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3670) tetap dilaksanakan sampai dengan tindakan hukum berakhir.

Pada UU tersebut, nantinya juga ada Komisi Nasional Disabilitas atau KND yang bertugas memantau, mengevaluasi dan mengedukasi yang arahnya untuk perlindungan. Poin keempat adalah kewajiban pemda dan BUMD untuk menyiapkan dua persen disabilitas dalam rekrutmen karyawan, sedangkan swasta cukup satu persen.

Serta poin pidana dan pelanggaran kejahatan dengan kumulatif antara penjara dan denda. Angkanya dua hingga lima tahun dan denda Rp 200 juta hingga Rp 500 juta. Terkait UU Disabilitas, akan ada 15 PP, satu Perpres, dan sejumlah Permensos. (jnr/zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com