Content: / /

Hasil Muscab III Gapeksindo Surabaya

Properti

02 Oktober 2017
Hasil Muscab III Gapeksindo Surabaya

Karangan bunga ucapan selamat ke Gapeksindo Surabaya atas digelarnya Muscab III

Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) DPC Surabaya menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke-3, di Hotel Singgasana pada Senin, 25 September 2017. Muscab itu membahas sejumlah hal, terutama penggunaan teknologi dan inovasi baru dalam penerapan konstruksi.

Hasil dari Muscab ke-3 tersebut dijelaskan Ketua Gapeksindo Surabaya, Ir Mardjuki. Melalui rilisnya, bahwa pada Muscab ke-3 Gapeksindo Surabaya itu dihasilkan beberapa poin.

Pertama, di era sekarang ini harus ada inovasi baru dalam dunia jasa konstruksi dan kita jangan jadi penonton di negeri sendiri. Meskipun globalisasi tapi Pemerintah tetap memproteksi untuk pengusaha lokal.          

Kedua, dengan diberlakukannya UU No.2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi, banyak memberi nuansa segar bagi pelaku Jasa Konstruksi. Sebab, selama ini untuk proyek-proyek Pemerintah pelaku usaha takut ikut lelang karena "dikriminalisasi". Maka dengan terbitnya UU tersebut, ranahnya menjadi Perdata (bukan Pidana lagi).     

Ketiga, dalam mengerjakan suatu proyek kita harus berpedoman BMW (Biaya Mutu Waktu) sehingga tepat sasaran dan tidak ada kekhawatiran.             

Keempat, agar dapatnya dipermudah persyaratan dalam Pelelangan maupun Kredit Perbankan dengan berwawasan kearifan lokal. Sehingga tumbuh pelaku usaha kecil yang handal, ulet serta berdaya saing tinggi (kalau Proyek yang nilai besar-besar hanya BUMN yang menikmati).

Kelima, sebelum menandatangani kontrak suatu pekerjaan, penting dibaca teliti dan sebaiknya melibatkan ahli hukum kontrak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.             

Keenam, mencoba memberikan masukan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) tentang penyederhanaan regulasi pelelangan yang efisien, wajar, akuntabilitas serta tidak mengada-ada (contoh : Jika sudah ada KTP kenapa harus membawa KSK).

Mardjuki melanjutkan, jumlah Badan Usaha Jasa Konstruksi terdiri dari BUJK Kecil dan Menengah sebanyak 142.153, BUJK Besar sebanyak 1.542, BUJK dalam Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) sebanyak 85.487, BUJK yang Belum Ada di SPSE sebanyak 58.208, dan Tenaga Ahli sebanyak 146.781.

Dan Yurisdiksi Hukum Kontrak Pekerjaan Konstruksi, yakni berada di wilayah hukum pidana bila ada suap, pemalsuan, penyalahgunaan wewenang, kerugian negara. Pengadilannya ke Pengadilan Tipikor.

Dan wilayah hukum persaingan usaha bila ada pesekongkolan tender. Sedangkan wilayah Ombudsman bila ada mal administrasi. (ptms40@gmail.com)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com