Content: / /

Harapan Pengusaha Terhadap Gubernur Jatim Pengganti Soekarwo

Info Kadin

20 Oktober 2017
Harapan Pengusaha Terhadap Gubernur Jatim Pengganti Soekarwo

Ketua Kadin Surabaya, Bapak Dr Ir Jamhadi, MBA

 Periode kepemimpinan Soekarwo sebagai Gubernur Jawa Timur akan segar berakhir pada tahun 2018 mendatang. Sebelum itu, muncul calon-calon baru yang siap menggantikannya.

Mereka yang sudah mendeklarasikan diri ialah Saifullah Yusuf dan Azwar Anas sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (bacawagub). Untuk diketahui, Saifullah Yusuf saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur, sedangkan Azwar Anas ialah Bupati Banyuwangi.

Calon lain yang mengemuka ialah Khofifah Indar Parawansa, yang saat ini masih berstatus sebagai Menteri Sosial RI. Lalu La Nyalla Mahmud Mattalitti, yang jadi Ketua Kamar Dagang Dan Industri (KADIN) Jawa Timur.

Nama lain yang mencuat sebagai bacagub dan bacawagub ialah Masfuk (Ketua DPW PAN Jatim), Nurwiyatno (Cak Nur), Ridwan Hasyim (DPR RI/Golkar), Hasan Aminuddin (DPR RI/NasDem), dan beberapa nama lainnya.

Terlepas dari perpolitikan tersebut, kalangan pengusaha berharap pemimpin Jawa Timur pengganti Soekarwo atau dipanggil Pakde Karwo merupakan orang yang pekerja keras, humble, dan mampu menjadikan Jawa Timur lebih baik.

“Mari tunjukkan bahwa Jawa Timur bisa memunculkan pemimpin yang bisa mempersempit disparitas ekonomi,” kata Ketua KADIN Surabaya, Dr Ir Jamhadi, MBA.

Jamhadi mengatakan, sosok pemimpin yang diperlukan pengusaha ialah dia yang memberikan rasa nyaman untuk melanjutkan investasi dan usahanya di Jawa Timur. Apalagi, dari 30 investor foreign direct investment (FDI) di Jawa Timur, saat ini mereka mengaku nyaman menanamkan modalnya di Jawa Timur.

Tentu, itu akan menjadi contoh provinsi lain. Karena, untuk membuat nyaman investor, modal keramahan saja tidak cukup. Dikatakan Jamhadi, perlu tata kelola Pemerintahan Daerah dan pemerintahan provinsi yang baik.

“Di saat mereka nyaman, kawan-kawan pengusaha juga bisa diberikan kemudahan-kemudahan, misal perizinannya,” kata Jamhadi, yang juga CEO Tata Bumi Raya Group.

Jamhadi menilai, kinerja Soekarwo saat ini cukup bagus. Program-program yang diterapkan juga mengarah kepada kesejahteraan rakyat. Hanya saja, kinerja itu perlu ditingkatkan lagi oleh Gubernur berikutnya pengganti Soekarwo.

“Kita masih ada kesenjangan ekonomi yang perlu diperbaiki. Dan harus dilakukan dengan model pembinaan yang menyentuh rakyat bawah. Modal pemberdayaan ekonomi rakyat itu perlu digalakkan, bukan hanya dibina dan diberi modal kerja. Marketing dan manajemennya harus diubah. Sekarang bagaimana UKM jadi UKM industri,” ujar Jamhadi, yang baru terpilih jadi Ketua Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKBA) Untag 45 Surabaya.

Menurut Jamhadi, jika UKM dibuat menjadi UKM Industri, maka dia bisa bekerjasama dengan ritel-ritel modern yang ada di Jawa Timur, dan beberapa provinsi lainnya.

“Dengan jumlah gerai modern yang menjamur, dan bisa dimasukkan produk UKM, maka kesenjangan ekonomi itu bisa dipersempit,” katanya.

Kondisi lain yang perlu mendapat perhatian Gubernur Jawa Timur berikutnya ialah sumber daya manusia (SDM). Dikatakan Jamhadi, berbagai cara yang sudah ditempuh oleh Pemprov Jatim untuk meningkatkan SDM ialah dengan mengeluarkan SK (surat keputusan) Gubernur. Dalam SK itu, mengharuskan vocation school (Sekolah Kejuruan) digalakkan.

Tapi, kata Jamhadi, harus menyasar juga ke basis-basis pesantren. Saat ini beberapa pesantresn sudah mendapat pelatihan, dan lain sebagainya. Namun itu perlu ditingkatkan karena ada beberapa pesantren yang belum tersentuh.

“Tinggal diperluas jangkauannya. Karena kita melihat jumlah pesantren di Jatim sangat besar. Jumlahnya sekitar 12 ribu. Dan mereka punya talenta dan keahlian khusus di bidang religus. Namun merka tidak hanya cukup jadi guru ngaji tapi juga mencetak entrepeneur di pesantren. Itu pekerjaan untuk gubernur Jatim ke depan,” kata Jamhadi. (*)

 

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com