Content: / /

Hadapi Asing, Semen Indonesia Genjot Produksi

Ekbis

16 Juni 2017
Hadapi Asing, Semen Indonesia Genjot Produksi

PT Semen Indonesia (persero) Tbk akan fokus meningkatkan kapasitas produksinya, dari 35,5 juta ton naik 5-10%. Ini dilakukan untuk menghadang gempuran produsen semen asing di Indonesia.

Produksi Semen Indonesia Group saat ini masih menjadi yang terbesar di tanah air dengan menguasai sekitar 36% pasar dari total semen yang dihasilkan para produsen yang mencapai 106,3 juta ton per tahun.

Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto di sela temu media mengatakan, penambahan kapasitas akan didukung oleh pabrik Indarung IV di Sumatera Barat dan pabrik Rembang di Jawa Tengah berkapasitas masing-masing 3 juta ton per tahun.

Pabrik Indarung VI sudah mulai beroperasi secara komersial sejak April 2017 sementara pembangunan pabrik Rembang sudah rampung namun belum beroperasi secara komesial karena masih menunggu pembaruan ijin lingkungan.

Selain dua pabrik tersebut, lanjut Agung, Semen Indonesia juga mengembangkan pabrik lain yakni di Pidie, Aceh berkapasitas 3 juta ton yang rencananya rampung pada tahun 2020 dan pabrik di Kupang, Nusa Tenggara Timur berkapasitas 1,5 juta ton yang rencananya selesai pada tahun 2021.

“Saat ini hampir semua pemain besar global sudah mempunyai pabrik di Indonesia, atau minimal sudah mengantongi ijin usaha. Jadi persaingan di industri ini sudah sangat ketat,” kata Agung.

Agung menambahkan, pertumbuhan konsumsi rata-rata Indonesia berkisar 5%-6% per tahun kapasitas terpasang pabrik semen di Indonesia masih mencukupi dalam 5 tahun kedepan. Namun jika dalam beberapa tahun kedepan pertumbuhan permintaan semen bisa meningkat hingga 8%-10% maka kapasitas terpasang yang ada saat ini tidak akan mencukupi.

“Karena itulah kami sebagai produsen semen milik negara akan terus meningkatkan kapasitas produksi melalui pembangunan pabrik-pabrik baru agar tidak kalah bersaing dengan pemain besar dunia yang mulai melirik pasar Indonesia,” pungkasnya. (zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com