Content: / /

H – 7 Ruas Tol di Jatim Akan Dibuka Untuk Jalur Mudik

Transportasi

01 Juni 2017
 H – 7 Ruas Tol di Jatim Akan Dibuka Untuk Jalur Mudik

Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Kementerian PUPR memastikan ruas jalan tol di Jatim akan mulai difungsionalkan pada H-7 lebaran mendatang.
Kepala BBPJN VIII, I Ketut Dharmawahana di Surabaya, Rabu (31/5) mengatakan ruas tol yang akan dibuka saat lebaran nanti hanya bersifat fungsional atau hanya bersifat sementara karena jalur tersebut belum benar-benar selesai pengerjaanya. "sebelum dilakukan pembukaan jalur tol pada H - 7, akan dilakukan evaluasi terlebih dahulu pada H - 10," ujarnya.
Ia menjelaskan, ada empat jalur ruas tol yang akan difungsionalkan yakni ruas Ngawi-Kertosono; Kertosono-Mojokerto; Surabaya-Mojokerto; dan Gempol-Pasuruan.
Untuk Ngawi-Kertosono, dari total 86 km, panjang jalan, nantinya yang akan dioperasionalkan untuk lebaran sekitar 62 km atau baru sekitar 80-an persen jalan yang sudah bisa digunakan sementara.
Sedangkan untuk ruas Kertosono-Mojokerto dari total 40,5 km panjang jalan seluruhnya sudah bisa digunakan untuk mendukung angkutan lebaran. Begitu juga untuk ruas Mojokerto-Surabaya, seluruh panjang jalan sepanjang 62 km juga sudah bisa digunakan untuk mudik lebaran. "Jadi untuk tol Surabaya hingga Kertosono sudah nyambung 100 persen saat lebaran bisa difungsionalkan atau digunakan sementara,"ujarnya.
Sementara itu, untuk Jalan Tol Gempol-Pasuruan setidaknya hanya Gempol-Bangil sepanjang 6,80 km yang akan difungsionalkan. Sedangkan untuk Gempol-Rembang sudah dibuka atau dioperasional sejak beberapa bulan yang lalu.
Ketut menambahkan, fungsional ini hanya berlaku hingga H+10 lebaran. Selanjutnya, jalan tersebut akan kembali ditutup untuk dilanjutkan proses pengerjaannya.
Ketua Kadin Surabaya dan staf ahli Kadin Jatim bidang perekonomian, Dr Ir Jamhadi MBA mengatakan pembangunan jalan tol baru di Jatim sudah sangat mendesak. Ekonomi akan tumbuh dengan cepat kalau sarana transportasi juga ikut dibangun. Seperti jalan tol dan kereta api double track.(zainnuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com