Content: / /

Gubernur Jatim Minta EJAVEC Forum Kaji Kebijakan Non Ekonomi

Ekbis

28 Oktober 2017
Gubernur Jatim Minta EJAVEC Forum Kaji Kebijakan Non  Ekonomi

Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo SH M.Hum menerima jurnal East Java Economic (EJAVEC) Forum.(zainuddin).

Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo SH M.Hum minta pada East Java Economic (EJAVEC) Forum ikut mengkaji kebijakan strategis di Jatim yang juga ikut berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi. Seperti sektor keamanan dan perburuhan.


Soekarwo memberikan contoh, dirinya pernah menerima rombongan pengusaha dari Singapura. Mereka menanyakan apakah untuk kedepanan Pemprov Jatim bisa menjamin keamanan Jatim seperti sekarang?.


Pertanyaan itu, jelas Soekarwo banyak ditanyakan pengusaha dari negara lain. “Jika EJAVEC Forum bisa memberi masukan dari kajian ekonomi tentang keamanan Jatim, tentu akan lebih menarik dan sanat bermanfaat,” kata Soekarwo pada Launching East Java Economic Journal Kamis, 26 Oktober 2017, bertempat di Ruang Singosari Bank Indonesia Jatim.


Soekarwo juga memberikan contoh lain, yaitu sektor pertanian.  Kemiskinan banyak ada di sektor pertanian. Sumbangan pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) juga kecil, sekitar 13 persen. Ini karena hasil pertanian diolah menjadi produk yang ekonomis oleh pabrikan.

 

Sehingga nilai tambah produk pertanian tidak dinikmati oleh petani, tapi oleh pabrikan.
Sumber PDRB Jatim masih dari sektor perdagangan, hotel dan restoran, padahal rakyat Jatim terbanyak kerja di sektor pertanian. Perlu kajian strategis dan kreatif untuk meningkatkan penghasilan petani, dan saya berharao EJAVEC Forum bisa mengkajinya dan mencari solusi yang tepat.


Tantangan lainnya jelas Pakde Karwo adalah kepercayaan terhadap Nyai Roro Kidul, ratu pantai Selatan. Nelayan di pantai Selatan Jatim tidak ada yang berani menangkap ikan sampai beberapa hari berada di laut. Padahal ikan di laut Selatan melinpah. Nelayan di pantai Selatan, berangkat sore hari, dan pagi sudah pulang. Tidak berani menginap karena takut pada Nyai Roro Kidul. Kajian secara ekonomis, mungkin bisa memgurangi kepercayaan tersebut.(zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com