Content: / /

Gelaran Pesta Rakyat Mojokerto Pemecahan Rekor MURI

Pariwisata

01 Oktober 2017
Gelaran Pesta Rakyat Mojokerto Pemecahan Rekor MURI

Rayakan Rame-Rame Makan Nasi Liwetan.(ist/zainuddin).

Setelah sukses mengusung acara-acara bertema kebersamaan di tahun sebelumnya, kini ”Rayakan Rame-Rame” hadir kembali dengan serangkaian kegiatan perayaan untuk mengapresiasi dan merayakan nilai-nilai kebersamaan di tengah masyarakat. Kali ini, ”Rayakan Rame-Rame” singgah di kota Mojokerto melalui pesta rakyat yang digelar secara meriah dan akan ditutup dengan penyerahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk ”Onde-onde Terbanyak”.
Reggy Prabowo, dari Bermuda Indonesia, selaku penyelenggara, menjelaskan, “Kegiatan ’Rayakan Rame-Rame’ telah rutin kami selenggarakan untuk merayakan budaya komunal yang sudah sangat identik dengan karakteristik masyarakat Indonesia. Mojokerto menjadi kota persinggahan yang menurut kami sangat penting, karena masyarakatnya dikenal memiliki karakter guyub yang kental.”
”Kami secara khusus menghadirkan kegiatan ini dalam bentuk pesta rakyat karena acara perayaan merupakan salah satu ciri khas dari masyarakat komunal. Di pesta rakyat nanti, kami sudah menyiapkan berbagai kegiatan menarik dan interaktif untuk mempererat semangat kebersamaan di antara seluruh pengunjung yang datang,” sambung Reggy.
Kota Mojokerto merupakan bekas wilayah kekuasaan kerajaan terbesar di Indonesia, Majapahit, yang meninggalkan berbagai warisan seperti situs budaya, kesenian dan makanan, kentalnya budaya komunal juga banyak terlihat melalui berbagai rutinitas atau perayaan, contohnya pagelaran kirab dan seni bantengan. Dengan demikian, dapat dilihat bahwa hingga kini nilai-nilai kebersamaan menjadi elemen kunci dalam interaksi sosial masyarakat Mojokerto.
Terkait hal ini, Dr. Arie Sujito selaku Sosiolog menuturkan, ”Sebagai bagian dari Jawa Timur, karakter masyarakat kota budaya Mojokerto dikenal sangat egaliter, tidak hanya mengakui kesetaraan antara anggota warganya tetapi juga adanya kebiasaan untuk selalu terbuka atau blak-blakan. Keterbukaan ini pula yang akhirnya mengakrabkan satu sama lain dan memperkuat kebersamaan di antara anggota masyarakatnya. Berbagai bentuk seni budaya pun banyak yang tercipta sebagai wujud dari kuatnya kebersamaan di Mojokerto.”
Hal ini dibenarkan oleh Abdul Rachman, selaku salah satu Tokoh Komunitas Pelaku Usaha Mojokerto. Menurutnya, kebersamaan merupakan salah satu nilai penting yang selalu mereka junjung tinggi. Dalam berbagai aktivitas, terutama yang melibatkan komunitas, selalu disambut dengan antusiasme dan semangat berkontribusi yang tinggi. Kekompakan ini yang menjadi ’rahasia’ kesuksesan tiap aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat Mojokerto.
 
Eratnya nilai kebersamaan masyarakat Mojokerto pun tercermin dari upaya mereka dalam mencatat rekor baru maupun memecahkan berbagai rekor MURI yang telah ada. Kali ini, persembahan istimewa masyarakat Mojokerto untuk kota tercintanya adalah pembuatan ”Onde-onde Terbanyak”.    
”Mojokerto merupakan salah satu kota yang sangat aktif dalam mencatatkan rekor di MURI. Ini juga menjadi bukti kebersamaan yang sangat erat di antara warganya, mereka saling bekerjasama dan bahu-membahu untuk mencapai tujuan bersama. Setelah mencatatkan rekor onde-onde terbanyak di tahun 2010 lalu, kini Mojokerto kembali memecahkan rekornya sendiri dengan membuat sejumlah 20.400 onde-onde,” ujar Sri Widayati selaku Senior Manager Museum Rekor Indonesia (MURI).
Rachman menceritakan besarnya tekad masyarakat untuk memenuhi target pembuatan onde-onde secara beramai-ramai selama lebih dari dua minggu. ”Hari ini kami sangat bangga atas usaha kami, selain berhasil memecahkan rekor MURI, melalui acara Rayakan Rame-Rame, masyarakat Mojokerto juga bisa lebih saling mengenal, mendekatkan diri, serta bekerjasama. Harapan kami, pemecahan rekor ini dapat semakin mempopulerkan onde-onde sebagai jajanan khas Mojokerto.”
Keseruan ”Rayakan Rame-Rame” hari ini diawali dengan pawai yang diikuti oleh berbagai komunitas lokal untuk mengarak Onde-onde menuju lokasi kegiatan pesta rakyat. Setelah itu, masyarakat dapat mengikuti berbagai aktivitas seru lainnnya seperti liwetan, Goyang Rame-Rame, tarik tambang, balap karung, serta lomba joget. Terdapat pula ragam permainan seru seperti Panen Rame-Rame, Panjat Rame-Rame, Putar Rame-Rame serta Gowes Rame-Rame. Masyarakat dewasa Mojokerto juga akan dihibur oleh penampilan istimewa grup dangdut koplo, O.M. Sonata dan penyanyi dangdut papan atas, Siti Badriah yang akan semakin memeriahkan gelaran ini.
”Bersama dengan Sampoerna Hijau, ’Rayakan Rame-Rame’ akan selalu hadir di tengah sederetan kegiatan perayaan komunal untuk mengapresiasi dan merayakan nilai-nilai kebersamaan, tradisi dan budaya yang ada di balik perayaan tersebut. Dukungan dan perhatian yang tinggi oleh Sampoerna Hijau terhadap simbol budaya komunal masyarakat Indonesia melalui persembahan acara perayaan seperti ini dapat menjadi kesempatan untuk semakin menunjukkan identitas komunalitas sekaligus memperkuat kebersamaan dan persatuan,” tutup Reggy.(ist/zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com