Content: / /

Geekfest Surabaya Pacu Perkembangan Ekonomi Digital

Teknologi

22 Mei 2017
Geekfest Surabaya Pacu Perkembangan Ekonomi Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan, kegiatan GeekfestSurabaya dapat memacu perkembangan ekonomi digital. Generasi muda diharapkan dapat menjadi agen terdepan untuk mengeksplorasi segala potensi di bidang teknologi informasi.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan, saat ini merupakan momentum untuk menciptakan kreasi dan inovasi sehingga  memberikan nilai tambah ekonomi. Pertemuan intelektual muda yang dikemas menarik dalam acara geekfast perlu digelar dan dikembangkan di daerah.

“Perubahan perilaku dalam bertransaksi melalui online menjadi potensi bagi perkembangan e-commerce, terutama bagi generasi muda yang bisa menciptakan berbagai layanan kebutuhan masyarakat dalam wujud aplikasi dan semacamnya,” kata Samuel saat menghadiri  Geekfest 2017 yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), di Gedung Siola Surabaya, Sabtu (20/5).

Ia menjelaskan, generasi muda harus ambil bagian dalam proses pembangunan terutama di bidang ekonomi digital. Forum-forum bertukar ide, menggali potensi dan mengembangkan wawasan perlu digalakkan mulai sekarang. “Saya yakin jika ini terus dilakukan, wajah  dan masa depan indonesia pada 2045 akan cerah,” ujarnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, Kemenkominfo terus berupaya untuk mengembangkan ekonomi digital Indonesia melalui berbagai program. Diantaranya, 1 juta petani dan nelayan Go Digital, 8 juta UMKM Go Digital, Program 1000 Teknopreneur, 1 juta nama domain, dan Palapa Ring.

Project Manager Geekfest 2017, Budi Taniono menuturkan, acara yang digelar selama dua hari mulai 20 hingga 21 Mei tersebut merupakan  wadah eksperimen karya kreatif melalui kolaborasi antar komunitas, dan sarana belajar, mencari inspirasi, dan menambah jaringan di komunitas kreatif Indonesia.

Geekfest 2017 menyuguhkan empat acara utama yaitu seminar, booth eksperimental, penampilan kolaborasi dan kegiatan interaktif yang melibatkan lebih dari 20.000 partisipan, pembicara, serta pelaku industri kreatif dan teknologi tanah air. Para kreator Surabaya akan berkolaborasi dengan pelaku kreatif nasional dari Jakarta, Bandung, dan Denpasar.

Ada tujuh bidang yaitu teknologi, seni, kuliner, fashion, game, film, musik, desain, dan mainan (toys). Tujuh bidang itu akan dituangkan dalam empat acara utama. Antara lain seminar dengan 20 orang pembicara, 16 booth eksperimental, berbagai pertunjukan kolaboratif, serta aktivitas interaktif,” ucapnya.

Pada hari kedua, terdapat pertunjukan video mapping menggunakan tiga proyektor ukuran besar, yang akan menembakkan animasi dan gambar bergerak ke gedung Eks Siola. Para kreator video mapping ini akan memvisualkan gambar bergerak bertema "Surabaya On Fire" yang menampilkan berbagai ikon Surabaya dan simbol-simbol kebangkitan anak muda Surabaya. (zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com