Content: / /

Ekonomi Jatim tahun 2017 Diperkirakan Tumbuh Lebih Rendah Sedikit Dari Tahun 2016

Keuangan

15 Desember 2017
Ekonomi Jatim tahun 2017 Diperkirakan Tumbuh Lebih Rendah Sedikit Dari Tahun 2016

Pertumbuhan ekonomi Jatim tahun 2017 diperkirakan lebih rendah sedikit dari tahun 2016, yaitu 5,4 persen, tahun 2016 sebesar 5,5 persen. Sedangkan pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan sebesar 5,1 persen. Jatim masih lebih tinggi.

Untuk tingkat inflasi diperkirakan sampai akhir tahun diperkirakan terkendali di rentang 3,8-4,0 persen. Lebih tinggi dari nasional yang diperkirakan maksimal sebesar 3,5 persen.
 
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi A. Johansyah menyampaikan ekonomi global selama tahun 2017 menunjukkan momentum pemulihan, dan mengindikasikan pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan perkiraan semula.
    
“Bank Indonesia Optimis Ekonomi Jawa Timur 2018 Tumbuh Lebih Tinggi,” kata Difi A. Johansyah.

Rentang pertumbuhan ekonomi Jatim sekitar proyeksi pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada tahun 2018 mencapai 5,2-5,6 persen. Ini karena stabilitas sistem keuangan Jatim dalam kondisi terjaga, dengan peningkatan kinerja kredit dan dana pihak ketiga yang cukup baik, dan risiko kredit terkendali.

Pada pertemuan tahunan bank indonesia yang diadakan tanggal 13 Desember 2017 di Hotel ShangriLa Surabaya Difi A. Johansyah menjelaskan tantangan yang dihadapi perekonomian Jatim terutama disebabkan oleh konsumsi rumah tangga sebagai kontributor utama ekonomi Jatim masih belum sekuat pola normalnya.

Dari sisi sektoral, kontribusi dan daya dukung sektor pertanian terhadap perekonomian juga semakin melambat. Jika di tahun 2011 sektor pertanian mampu tumbuh di kisaran 4 persen sampai  5 persen (yoy), di tahun 2017 secara kumulatif hanya tumbuh 1,65 persen.

Menurut Difi A. Johansyah sumber-sumber pertumbuhan baru perlu segera dikembangkan. Berdasarkan riset dan kajian Bank Indonesia, terdapat tiga industri potensial kompetitif daerah yang berpotensi dikembangkan di Jatim, yaitu industri pengolahan ikan dan biota laut, industri galangan kapal, dan industri pariwisata.

Optimisme pertumbuhan ekonomi Jatim di tahun 2018, didukung upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berdampak pada peningkatan investasi, yang diyakini tetap tumbuh tinggi, didukung oleh pembangunan proyek infrastruktur, seperti jalan tol Trans Jawa maupun non Trans Jawa, serta pembangunan bandara dan pelabuhan.

“Peran aktif dan kontribusi berbagai pihak terkait, dinilai mampu mengantarkan ekonomi Jatim tetap tumbuh positif ditengah berbagai tantangan yang ada,” jelas Difi A. Johansyah.(zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com