Content: / /

Bupati Luwu Timur Ajak Pengusaha KADIN Tingkatkan Kerjasama

Info Kadin

18 April 2018
Bupati Luwu Timur Ajak Pengusaha KADIN Tingkatkan Kerjasama

Bupati Luwu Timur bersama pengusaha KADIN Surabaya

Di hadapan sejumlah pengusaha Jawa Timur yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Surabaya, Bupati Luwu Timur, Ir H Muh. Thorig Husler memaparkan tentang potensi yang ada di wilayahnya pada Rabu, 18 April 2018 di Ballroom Sheraton Hotel Surabaya.

Tema yang diangkat ialah “Diseminasi Potensi dan Peluang Investasi Luwu Timur. Hadir dalam kesempatan tersebut ialah Dr Ir Jamhadi, MBA (Ketua KADIN Kota Surabaya) beserta jajarannya, pengurus KADIN Jawa Timur, Singapore Entreprise, pelaku UKM, serta sejumlah pengusaha.

Dari Luwu Timur, hadir antara lain Hasan Basri (Ketua Kadin Luwu Timur), H Muhammad Gasman Gazali (Ketua KKSS/Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Surabaya), Amran Syam (Ketua DPRD Luwuk Timur), Iwan Usman (Ketua Komisi II Luwu Timur), dan Andi Habil Unru (Kadis DPMPTSP Luwu Timur).

Selain memaparkan potensi perdagangan, investasi, dan wisata, juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara KADIN Surabaya dengan KADIN Luwu Timur dan KKSS.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Timur, Thorig Husler menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memaparkan potensi wilayah yang ada di Luwu Timur. Harapannya, pengusaha di Jawa Timur bisa menggali dan merealisasikan kerjasama, baik di bidang pertanian, tambang, atau lainnya.

“Saat ini, kami mengalami keterlambatan karena SDM dan teknologi belum mendukung. Padahal, potensi di Luwu Timur sangat besar dan itu bisa bersinergi dengan pengusaha di Jatim untuk mempercepat pembangunan disana dan meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah),” paparnya.

Jika ada pengusaha yang tertarik untuk berinvestasi dan kerjasama perdagangan dengan Luwu Timur, Pemkab Luwu Timur akan membantu kemudahan perizinan. Menurut Bupati Luwu Timur, Muh. Thorig Husler, ada beberapa potensi yang bisa dimanfaatkan oleh investor.

Beberapa diantaranya komoditi pertanian seperti kakao, lada atau merica, rumput laut, kepala sawit, perikanan, jagung, serta padi organik. Di Luwu Timur, sebagai pemasok jagung ke Gorontalo. Begitu juga dengan rumput laut yang dikirim ke Palopo, serta padi organik yang ditanam masyarakat. Ada sekitar 315 ton padi organic yang sekarang dikelola oleh BUMD milik Pemkab Luwu Timur.

“Luas lahan perkebunan sawit di Luwu Timur ada 18.485 ha dengan kapasitas produksi rata-rata 242.702 ton/tahun. Saat penen, mobil antri masuk pabrik sampai antri 4 km. Komoditi lainnya ialah kakao, yang tersebar di beberapa kecamatan dengan jumlah produksi pada tahun 2017 lalu sebesar 12.250,40 ton dengan rata-rata 0,83 ton/ha. Sedangkan luas lahan pertanaman lada seluas 5.544 ha dengan kapasitas produksi  3.819 ton,” jelasnya.

Lain halnya dengan komoditi pertanian dan perkebunan, menurut Bupati Muh. Thorig Husler, Luwu Timur dikenal sebagai penghasil biji besi dan nikel. Saat ini, ada 8 perusahaan yang telah mengantongi Izin usaha pertambangan (IUP), namun baru 2 perusahaan yang telah melakukan aktivitas tambang.

Selain potensi sumber daya alam, Bupati Muh. Thorig Husler juga memaparkan tentang infrastruktur Luwu Timur yang terus dilakukan perbaikan. Misalkan bandara yang mulai memperpankang runway sepanjang 300 meter.

Investor juga tak perlu khawatir terhadap pasokan listrik. Dikatakan Muh. Thorig Husler, dukungan energy bisa dari 14 sungai yang mampu menghasilkan listrik dari PLTA dan pembangkit tenaga hydro. Dari 14 sungai itu, baru 3 turbin yang beroperasi dengan menghasilkan listrik 365 MW.

Ketua KADIN Surabaya, Dr Ir Jamhadi, MBA di kesempatan yang sama berterima kasih atas kedatangan Bupati Luwu Timur,. Muh. Thorig Husler di Surabaya. Dia berharap, setelah pertemuan ini ada kerjasama yang terealisasi antara pengusaha KADIN Surabaya dengan Luwu Timur.

“Tentu kami sangat bangga, Bupati Luwu Timur bisa hadir disini untuk memaparkan potensi yang ada di Luwu Timur. Kami sudah ada KPD (kantor perwakilan dagang) di beberapa provinsi, dan harapannya bisa meningkatkan kerjasama dengan Luwu Timur,” kata Jamhadi. (*)

 

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com