Content: / /

BritCham Ikut Serta Pameran Manufacturing dan Gelar B2B Networking

Info Kadin

21 Juli 2017
BritCham Ikut Serta Pameran Manufacturing dan Gelar B2B Networking

engusaha asal Indonesia bertemu dengan pengusaha Inggris, dalam acara BritCham B2B Networking Event yang dilaksanakan di Garden Palace Hotel Surabaya, pada Kamis 20 Juli 2017 mulai pukul 18.00 – 20.30 WIB.

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Surabaya dan Kadin Inggris atau British Chamber (BritCham) of Commerce in Indonesia memiliki hubungan kerjasama yang semakin baik. Eratnya hubungan kedua lembaga itu dipertegas dengan ikut sertanya BritCham dalam pameran Manufacturing Surabaya 2017 yang berlangsung di Exhibition Hall Grand City Convex Surabaya mulai 19-22 Juli 2017.

Beberapa perusahaan asal Inggris yang ikut serta dalam pameran itu ialah Renold, LPCB (Loss Prevention Certifiction Board), Mabey, Sterling Sensors. Pengunjung pameran tampak antusias melihat produk yang ditawarkan di booth BritCham, seperti rantai motor, konstruksi jembatan, dan lain sebagainya.

Pada hari kedua pameran, yakni pada Kamis 20 Juli 2017, Mr Chris P Waren selaku Executive Director BritCham hadir dalam booth itu, serta dua pengusaha kondang asal Surabaya yaitu Mr Dr Ir Jamhadi, MBA selaku Ketua KADIN Surabaya dan Sugiharto Alim selaku Direktur Maspion Group.

Dua pengusaha itu diundang khusus oleh Mr Chris P Waren untuk menyampaikan banyak hal tentang pengalaman bisnis yang dialami mereka dengan Inggris. Jamhadi, misalnya. Pria yang juga CEO Tata Bumi Raya Group ini menyatakan bahwa hubungan perdagangan dan investasi antara Jawa Timur khususnya Kota Surabaya dan Inggris terjalin dengan baik.

Data dari KADIN Surabaya menyebutkan, total investasi Inggris di Jawa Timur tahun 1974 – TW I 2017 sebesar 4,461,013.85 juta US$ dengan jumlah proyek 90 perusahaan dan menyerap 23,292 tenaga kerja.

Kabupaten Sidoarjo masih menjadi daerah tujuan investasi dari Inggris dengan 12 proyek dan nilanya 113,375 juta US$. Tenaga kerja yang diserap sebanyak 4.237 orang. Lalu diikuti Kota Surabaya sebanyak 29 proyek dengan nilai 263,204 juta dan menyerap 4,557 tenaga kerja. Kemudian Kabupaten Pasuruan sebanyak 4 proyek dengan nilai 356,895 juta US$ dan menyerap 2,396 tenaga kerja.

Kabupetan Gresik sebanyak 13 proyek, nilainya 867,064 juta US$ dengan menyerap 985 tenaga kerja. Selanjutnya Kabupaten Mojokerto sebanyak 4 proyek dengan nilai investasi 28,650 juta US$ dan menyerap 691 tenaga kerja. Serta beberapa daerah lain dengan total investasi 4,461,013.85 juta US$ dengan 90 proyek dan menyerap 23,292 tenaga kerja.

“Kami sudah MoU dengan BritCham dan kerjasama itu saling memberikan manfaat. Ketika ada peluang bisnis di Surabaya dan Jawa Timur, kami berikan ke mereka untuk diinformasikan ke pengusaha di Inggris,” ujar Jamhadi, yang menjabat Tim Ahli KADIN Jawa Timur.

Tentunya, kerjasama itu menyangkut 3 hal, meliputi trading, tourism, dan investasi. Bukan hanya investasi saja, wisatawan asal Inggris juga sering datang ke Jawa Timur. Begitupula dengan perdagangan.

Jamhadi berharap, perusahaan pembiayaan asal Inggris juga bisa berinvestasi di Jawa Timur. “Sekarang industri asal Inggris di Jawa Timur sudah banyak, tapi juga harus diiringi dengan investasi di bidang pembiayaan,” kata Jamhadi.

Mr Chris P Wren dalam kesempatan yang sama menyatakan kegembiraannya karena kehadiran BritCham telah banyak manfaatnya untuk pertumbuhan investasi dan perdagangan serta tourism di Inggris. “Kami berinvestasi berkat jaringan kerjasama dengan KADIN. Seperti Liverpol juga sudah berinvestasi disini,” jelasnya.

Sejak dua tahun lalu, pihaknya melebarkan sayap melakukan investasi di Jawa Timur. Sebelumnya, pihaknya fokus menanamkan investasi di DKI Jakarta. "Dengan mendapatkan gambaran potensi investasi ini, kami berharap bisa menjadi motivasi untuk berinvestasi di Sidoarjo," cetus Mr Chris Wren.

Selain ikut serta dalam pameran Manufacturing Surabaya, BritCham juga memfasilitasi pengusaha asal Indonesia bertemu dengan pengusaha Inggris, dalam acara BritCham B2B Networking Event yang dilaksanakan di Garden Palace Hotel Surabaya, pada Kamis 20 Juli 2017 mulai pukul 18.00 – 20.30 WIB.

Hadir dalam acara itu antara lain Jamhadi (CEO Tata Bumi Raya), Rizky Supriadi (Airlangga Business Community), Chilman Suaidi (Forum UKM Jawa Timur), Deny Poerhadiyanto (ICAEW), Roesdiana ( CV Karya Abadi Teknik), Siti Nur Aini (KADIN Surabaya), Johan Suryadharma (KADIN Jawa Timur), dan sejumlah pengusaha lainnya. (*)

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com