Content: / /

BPJS Kesehatan Jatim Terjunkan 202 Kader JKN-KIS

Keuangan

09 Mei 2017
BPJS Kesehatan Jatim Terjunkan 202 Kader JKN-KIS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Regional VII Jawa Timur menerjunkan 202 kader Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk menjangkau kepesertaan masyarakat di pedesaan.
Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional VII Jawa Timur, Handaryo mengatakan, peran dan posisi kader JKN-KIS sangat strategis. Mereka bertugas melakukan sosialisasi secara masif, membuka point of service pendaftaran dan kanal-kanal pendaftaran baru untuk mendorong kesadaran masyarakat agar menjadi anggota JKN-KIS.
“Kita coba ingatkan, dekatkan dan mudahkan pendaftaran JKN-KIS. Penetrasi ke desa-desa, kami sudah bermitra dengan 202 kader JKN-KIS. Kita berharap jumlah kepesertaan semakin bertambah,” tuturnya, Selasa (9/5) di Surabaya.
Selain membentuk kader JKN-KIS, sejumlah upaya yang telah dilakukan untuk menjangkau kepesertaan diantaranya melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta. Belum lama ini, BPJS Kesehatan juga mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar mendaftarkan seluruh pegawai dan keluarganya dalam program JKN-KIS.
Pihaknya juga melakukan terobosan dengan membuka layanan pendaftaran di Mall. Langkah tersebut dilakukan selain ingin hadir lebih dekat di tengah masyarakat, juga untuk mengurangi antrean di kantor BPJS Kesehatan. Loket layanan pendaftaran BPJS Kesehatan di tujuh kota di Jawa Timur merupakan tindak lanjut dari kerjasama dengan jejaring Mall di bawah naungan PT Lippo Karawaci Tbk beberapa waktu lalu. Tujuh kota yang dimaksud diantaranya Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Kediri, Madiun, Batu dan Malang.
Berdasarkan data BPJS Kesehatan hingga pertengahan Maret kepesertaan JKN-KIS mencapai 175 juta jiwa. Artinya, lebih kurang 70 persen penduduk Indonesia telah menjadi peserta JKN-KIS. Dari jumlah tersebut, hampir 25 juta peserta (beserta keluarga) merupakan pekerja yang didaftarkan oleh pemberi kerjanya.
Seperti diketahui, Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah tanda kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif pada fasilitas kesehatan melalui mekanisme sistem rujukan berjenjang dan atas indikasi medis. (zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com