Content: / /

BKM Takhobbar Telkom Bagikan 12.000 Nasi Takjil Gratis

Teknologi

09 Juni 2017
BKM Takhobbar Telkom Bagikan 12.000 Nasi Takjil Gratis

Seorang donatur menyerahkan bantuan untuk digunakan sebagai takjil di masjid Takhobbar

Bulan Ramadhan identik dengan bagi-bagi takjil. Seakan menjadi budaya, di tiap-tiap daerah bagi takjil menjadi hal yang umum.

Tidak hanya di jalan saja, bagi-bagi takjil kerap dilakukan di masjid. Setidaknya, hal itu dilakukan oleh Takmir Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Takhobbar. Tiap Ramadhan tiba, masjid yang berada di komplek kantor PT Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusra ini selalu bagi-bagi takjil bagi jemaah.

Takjil itu berasal dari sumbangan karyawan Telkom, dan juga donator. Menurut Ketua BKM Takhobbar & Ketua MTTG (Majelis Taklim Telkom Group) Regional 5, Muhammad, memberikan takjil kepada jamaah yang sholat magrib itu sudah menjadi rutinitas dan agenda tetap setiap Ramadhan di Masjid Takhobbar.

Agenda pemberian Takjil ini juga dirangkaikan dengan kegiatan masjid Takhobbar lainnya, seperti Bazar dan Nuzulul Quran. ”Khusus untuk di acara Nuzulul Quran pemberian nasi bungkus Takjil sudah di-counter menjadi nasi kotak,” kata Muhammad.

Sumber dana untuk Takjil ini, selain didapatkan dari kas Masjid Takhobbar juga didapatkan dari sumbangan karyawan-karyawan Telkom Ketintang.

“Setiap selesai sholat dhuhur dan ashar Takmir Takhobbar siap dan standby di Counter Shodaqoh Takjil Serambi Masjid untuk menerima sumbangan dari jamaah yang mau bersodaqoh.” tambah Muhammad.

Masih menurut Muhammad, jumlah total nasi bungkus untuk Takjil yang diberikan jamaah adalah setiap harinya sebanyak 12 ribu nasi bungkus. Untuk hari Senin sampai Kamis dibagikan 450 bungkus nasi. Hari Jumat 300 bungkus dan hari Sabtu dan Minggu 250 bungkus.

“Perbungkusnya 13.500 rupiah atau total nominal 160 juta nilainya.” tukasnya.

Agar pembagian Takjil berjalan tertib dan lancar, maka Takmir membagikan kupon untuk pengambilan Takjil kepada setiap jamaah yang melakukan sholat Magrib di Masjid Takhobbar.

”Yang paling ramai dan harus diantisipasi adalah jamaah dari anak-anak yang datang dari tetangga-tetangga kampung Ketintang dimana rumahnya dekat Masjid Takhobbar,” kata Muhammad.

Agar menu Takjil tidak membosankan, pengelola Takjil memberikan lauk yang cukup variatif.
“Lauknya macam-macam. Ada ikan bandeng, ikan lele, ayam, udang dan telur biar jamaah nggak bosan,” pungkas Muhammad. (gan)

 

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com