Content: / /

Bisnis Travel Umrah Kembali Bergairah

Pariwisata

20 Juli 2017
Bisnis Travel Umrah Kembali Bergairah

CEO PT Isbir Tour, Fauzi Mahendra,jib/zainuddin.

Pasca momen Idul fitri 1438H, bisnis travel Umrah diperkirakan akan kembali bergairah, sejumlah perusahaan travel pun berlomba mendapatkan customer yang hendak berangkat ke tanah suci Makkah.

CEO PT Isbir Tour, Fauzi Mahendra mengatakan, sejak awal tahun ini peminat umrah memang berkurang, pasalnya efek dari pengenaan pinalty sebesar 2000 Real pada tiap orang yang umrah oleh pemerintah Arab Saudi, berimbas pada melonjaknya biaya travel.

"Imbas dari pinalty itu, tiap jamaah bisa naik biayanya 2 juta, di pasaran rata-rata peminatnya juga menurun," ujarnya di sela pameran Umrah dan Haji di Surabaya, Rabu (19/7).

Akibatnya, lanjut Fauzi, travel miliknya pun mengalami penurunan hingga 25%. Penurunan ini rata-rata terjadi di paket kelas ekonomis.

"Kami sekarang berupaya menggenjot promosi seperti lewat pameran ini, biasanya dilakukan setelah musim haji, tapi kita coba awali setelah momen lebaran," terangnya sambil menyebut lagi gencar promo program Umrah Family untuk 2 hingga 8 orang.

Menurut Fauzi, pelaku bisnis travel umrah kini sedang saling mempertaruhkan kepercayaannya kepada customer, sebab banyaknya kasus gagal berangkat ke tanah Suci di sejumlah travel tak berijin membuat travel yang legal pun terimbas. Fauzi meminta masyarakat lebih bijak dan pintar dalam memilih travel umrah.

"Bisa cek ijinnya ada atau tidak, sudah berpengalaman atau belum travel tersebut," tandas pria yang juga wakil ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji & Umroh Republik Indonesia (AMPHURI) Jawa Timur itu.

Tak heran, demi untuk mendapatkan customer, travel abal-abal pun terkadang menawarkan umrah murah dengan harga di bawah standar. Jika perusahaan travel dibawah Amphuri mematok biaya standart sekitar 19 juta saat low season, travel abal-abal justru bisa lebih rendah lagi. Ini yang membuat masyarakat mudah tergoda.

"Saat high season seperti bulan November Desember bolehlah harga bersaing," tambah pengurus HIPMI Jatim itu.

Ketua AMPHURI Jatim, Amaluddin Wahab mengakui, bisnis travel umrah memang sedikit meredup, namun pihaknya optimis melalui berbagai promo dan pameran, akan kembali bergeliat lagi.

"Amphuri juga akan adakan pameran di tiap kabupaten, sekaligus memberikan edukasi ke masyarakat akan modus penipuan umrah," jelas pemilik Ebad travel itu.

Saat ini terdapat 46 perusahaan travel berijin resmi yang tergabung di AMPHURI Jatim, sementara di luar sana, diperkirakan masih banyak travel yang tidak berijin yang masih beroperasi. Jib/zainuddin.
   

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com