Content: / /

Batik Fashion Fair 2017 Saat Tepat Beli Batik

Fashion

07 Desember 2017
Batik Fashion Fair 2017 Saat Tepat Beli Batik

Pameran Batik Fashion Fair 2017 yang sedang berlangsung di Grand City Convention Surabaya sampai tanggal 10 Desember mendatang.(zainuddin).

Bagi penyukai batik, saat ini adalah waktu tepat untuk membelinya. Ada ribuan motif batik sedang digelar di Pameran Batik Fashion Fair 2017 yang sedang berlangsung di Grand City Convention Surabaya sampai tanggal 10 Desember mendatang.


Pameran yang diselenggarakan PT Debindo Mitra Tama (DMT) itu menampilkan batik khas daerah di Jatim, dan daerah lain di Indonesia. Harganya mulai dari Rp 50 ribu sampai ratusan juta rupiah. Seperti batik Madura, Pacitan, Surabaya, Solo,dan Yogyakarta ikut pameran.
“Perajin batik yang biasa menjadi langganan pejabat negara juga ikut Pameran Batik Fashion Fair 2017,” jelas Dadan M Kushendarman, Dirut PT DMT..


Ketua Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW), Hj Fatma Saifullah Yusuf saat membuka Pameran Batik Fashion 2017 di Surabaya, Rabu 6/12/2017), mengatakan gelaran pameran batik ini juga merupakan salah satu bentuk refleksi kepedualian Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam melestarikan, dan mengembangkan salah satu seni budaya sejak ratusan tahun yang lalu, dan telah menjadi salah satu ciri pribadi bangsa Indonesia dalam berbusana. Telah disadari bahwa kegiatan ini mempunyai dampak terhadap pertumbuhan perekonomian daerah.


Dijelaskan, pada Triwulan III-2017 ekonomi Jatim tumbuh 5,16 persen dengan nilai Produk Domistik Regional Bruto (PDRB)  atas harga berlaku mencapai Rp 520,60 triliun. Ada tiga sektor yang memberikan kontribusi terbesar pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yakni industri pengolahan sebesar 28,41 persen dimana didalamnya didukung oleh kerajinan batik dan Fashion. Kemudian perdagangan besar dan eceran reparasi sepeda motor dan mobil sebesar 18,42 persen serta pertanian kehutanan dan perikanan sebesar 13,65 persen.


Perekonomian dunia saat ini sedang berada pada zona ekonomi baru yang ditandai dengan pesatnya ekonomi berbasis kreatifitas. Batik dan Fashion adalah salah satu contoh komoditi yang termasuk didalamnya dan merupakan kegiatan turun temurun sebagai bagaian dari warisan kebudayaan bangsa.


“Kita patut bersyukur bahwa kerajinan batik sejak 2 Oktober 2009 yang lalu oleh Unesco menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia.tak benda mendapingi wayang dan keris,” jelas Hj Fatma Saifullah Yusuf.


Unesco merupakan salah satu badan di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang bertugas membina kerjasama internasional dibidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.
Menurut Hj.  Saifullah Yusuf  Provinsi Jawa Timur telah beberapa kali mendapatkan prestasi tentang pengembangan batik dari rekor muri.

 

Tercatat, yang mendapatkan rekor muri adalah reflika kipas batik terbesar, reflika batik jembatan Suramadu. Kemudian sepatu motif batik terbesar dan kategori motif batik terbanyak yakni sebanyak 1120 motif batik dari 22 kabupaten kota di Jawa Timur dengan kain sepanjang 70 meter.

Rekor ini sebelumnya dipegang DI Yogyakarta dengan 1.111 motif batik pada suatu kain. Pameran batik Fashion 2017 mulai 6-10 Desember dibuka untuk umum mulai pukul 10.00-19.00 dan gratis tidak dipungut biaya bagi pengunjung maupun yang berbelanja. (zainuddin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com