Content: / /

360 Ribu Keluarga di Jatim Sudah Menempati RST

Properti

09 Mei 2017
360 Ribu Keluarga di Jatim Sudah Menempati RST

Rumah Sejahtera Tapak (RST) untuk MAsyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jatim (DPKPCK) menyatakan, di Jatim saat ini sudah teralisasi 360 ribu Keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah(MBR) dan menempati Rumah Sejahtera (RST) dari program pemerintah pusat.

Kepala Bidang Perumahan DPKPCK Provinsi Jatim, Sutji Prajitno ditemui di kantornya, Selasa (9/5) mengatakan, Pemerintah Provinsi Jatim pada 2010 menargetkan rumah bagi MBR yaitu 530 ribu keluarga, dan saat ini sudah terealisasi 360 ribu keluarga MBR. Untuk sisanya, ditargetkan di 2017 sudah teralisasi 170 keluarga MBR akan memiliki rumah tersebut.

Sutji yang didampingi Sekretaris Dinas DPKPCK Provinsi Jatim Baju Trihaksoro menjelaskan, kendala dalam membangun rumah untuk MBR yaitu sulit mendapat lahan karena mahalnya harga lahan untuk rumah hunian.

"Harga rumah MBR kan jauh lebih murah dan sudah ditentukan pemerintah. Yakni, Rp 115 juta untuk tipe 36 dengan luas tanah 60 meter persegi," kata Sutji Prajitno.

Ini berbeda dengan rumah non MBR yang dibangun swasta, masyarakat dan asosiasi yang bisa dijual sesuai harga di pasaran, sehingga pengembang mendapat margin keuntungan yang lebih besar dibandingkan kalau membangun rumah MBR.

Untuk itu, meski pemerintah memberi kemudahan para pengembang rumah MBR dengan memberi sejumlah fasilitas, seperti pembebasan IMB, sertifikat, hingga prasarana, sarana dan utilitas (PSU) umum berupa jalan lingkungan, saluran, PJU, dan air bersih. “Masyarakat MBR saat ini antusias dalam menyambut program pemerintah, pihaknya akan tetap terus berusaha agar program MBR terwujud di Jatim,” ujarnya.(zainudin).

Tinggalkan Komentar

www.kadinsurabaya.or.id adalah website resmi Kadin Surabaya

ketua Kadin Surabaya

Facebook

Office

Address:
Kompleks Ruko Manyar Megah Indah RMI Blok C-25 Jl. Ngagel Jaya Selatan
Surabaya 60284

Phone:
031-5043733, 5043569

Fax:
031-5026120

Email:
kadinsurabaya@yahoo.com